Dewi Dwi Prastika, - (2020) PENGARUH BRAND IMAGE DAN HARGA TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA TOKO DISTRO KAOS MIKO DI KOTA DUMAI MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf Download (2MB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (905kB) |
Abstract
ABSTRAK Dewi Dwi Prastika (2020): Pengaruh Brand Image dan Harga Terhadap Pengambilan Keputusan Pembelian Pada Toko Distro Kaos Miko di Kota Dumai Dalam Perspektif Ekonomi Islam Perkembangan bisnis fashion Kaos Miko setiap tahunnya mengalami peningkatan penjualan, padahal produk Kaos Miko memiliki harga yang tinggi jika dibandingkan dengan produk yang sejenis. Hal ini bertolak belakang dengan teori, yaitu jika harga produk rendah maka permintaan produk tinggi dan jika harga tinggi maka permintaan produk pun rendah. Namun, dengan adanya harga tinggi Kaos Miko pun tetap menjadi pilihan konsumen karena Brand Local nya yang terkenal. Dengan adanya Brand inilah yang menjadi pertimbangan konsumen dalam membeli produk. Dari latarbelakang belakang tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh brand image dan harga terhadap pengambilan keputusan pembelian dan mengetahui pandangan Ekonomi Islam pada Toko Distro Kaos Miko di Kota Dumai Penelitian ini dilakukan di Toko Distro Kaos Miko Kota Dumai, dengan sampel sebanyak 87 responden. Sumber data dalam penelitian ini ada dua yaitu sumber data primer yang diperoleh langsung dari wawancara dan Angket atau Kuisioner dan sumber data sekunder yang diperoleh dari buku-buku, jurnal dan sumber lainnya yang berkaitan dengan penelitian ini. Analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif dengan menggunakan uji regresi linier berganda, uji validitas, reliabilitas, asumsi klasik dan uji hipotesis penelitian dengan menggunakan SPSS Versi 16. Berdasarkan hasil uji regresi linier berganda Y = -3,051 + 0,966X1 + 0,750X2 artinya nilai constanta-nya adalah -3,051, nilai koefisien regresi Brand Image adalah 0.966, nilai koefisien regresi Harga adalah 0.750. Dari hasil uji t brand image yaitu 5,923 > 1,98861 dapat disimpulkan bahwa variabel brand image memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Dan hasil uji t harga yaitu 5,396 > ttabel 1,98861 yang mana variabel harga memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Dari hasil Uji F 119,999 > 3,10 dapat disimpulkan bahwa brand image dan harga secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Koefisien determinasi (R²) sebesar 0.741, menggambarkan bahwa pengaruh variabel brand image dan harga terhadap naik turunnya variabel dependen sebesar 74,1% sisanya 25,9% dijelaskan oleh faktor lainnya. Untuk mengetahui pandangan Ekonomi Islam, bahwa Brand Image dan Harga pada produk Kaos Miko telah sesuai dengan prinsip-prinsip ekonomi syariah yang menggunakan sifat-sifat Nabi Muhammad SAW untuk membuat dan menjaga kepercayan konsumen dan melakukan transaksi secara rela sama rela serta memperhatikan harga yang sesuai dengan kualitas pada produk dan keputusan pembelian yang dalam mengkonsumsi suatu produk diperlukannya sikap mencari informasi sehingga dapat membeli suatu produk sesuai dengan kebutuhan. Dari praktek yang dijalankan Toko Distro Kaos Miko tidak ditemui hal-hal yang bertentangan dengan syariat Islam. Kata Kunci: Brand Image, Harga, Keputusan Pembelian.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah |
Depositing User: | fasih - |
Date Deposited: | 28 Aug 2020 01:18 |
Last Modified: | 28 Aug 2020 01:19 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/29867 |
Actions (login required)
View Item |