PENGARUH TINGKAT PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH DI BMT AL-ITTIHAD CABANG PANAM PEKANBARU DITINJAU MENURUT EKONOMI SYARIAH

Letna Sari Hasibuan, - (2020) PENGARUH TINGKAT PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH DI BMT AL-ITTIHAD CABANG PANAM PEKANBARU DITINJAU MENURUT EKONOMI SYARIAH. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (562kB)
[img] Text
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Letna Sari Hasibuan, (2020) : Pengaruh Tingkat Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah di Bmt Al-Ittihad Cabang Panam Pekanbaru Ditinjau Menurut Ekonomi Syariah Penelitian ini di latarbelakangi oleh perkembangan zaman yang semakin berkembang sehingga lembaga keuangan dituntut untuk memberikan pelayanan yang baik guna menarik dan mendapatkan hati para nasabahnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Tingkat Pelayanan terhadap Kepuasan Nasabah di BMT Al Ittihad Cabang Panam Pekanbaru. Penelitian ini adalah penelitian lapangan. Teknik-teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, mengamati langsung di lapangan wawancara dengan pimpinan, karyawan, dan nasabah, dan menyebarkan angket kepada nasabah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, serta alat analisis yang digunakan adalah regresi linier sederhana dengan tingkat signifikansi 10%. Populasi dalam penelitian ini, berjumlah 188 orang dengan sampel 65 orang nasabah di BMT Al-Ittihad. Dalam menentukan sampel, peneliti menggunakan teknik pengumpulan data Accidental Sampling dan menggunakan rumus Slovin. . Berdasarkan hasil penelitian ini Terdapat pengaruh yang signifikan antara pelayanan terhadap kepuasan nasabah. Hal ini dapat dilihat dari nilai koefisien korelasi sebesar 14,597. oleh karena itu, Ho ditolak dan H1 diterima, artinya adalah bahwa korelasi antara variabel independen (pelayanan) dengan variabel dependen (kepuasan nasabah) memiliki hubungan yang cukup kuat. Dalam uji (t) didapatkan hasil T hitung sebesar 3,755 > t tabel sebesar 1,669 dan signifikansi yang diperoleh sebesar 0,00 < 0,05 maka disimpulkan bahwa Ho ditolak dan H1 diterima, artinya variabel independen (pelayanan) berpengaruh signifikan terhadap variabel dependen (kepuasan nasabah). Variabel independen (pelayanan) terhadap variabel dependen (kepuasan nasabah) adalah sebesar 18,3%, sedangkan sisanya sebesar 81,7% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam model ini. Kesimpulan bahwa tingkat pelayanan terhadap kepuasan nasabah berpengaruh positif dan signifikan secara parsil terhadap kepuasan nasabah. Tinjauan ekonomi syaiah mengenai pengaruh tingkat pelayanan terhadap kepuasan nasabah telah sesuai dengan prinsip ekonomi syariah. Kata Kunci: Tingkat Pelayanan dan Kepuasan Nasabah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 28 Aug 2020 02:17
Last Modified: 28 Aug 2020 02:17
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/29857

Actions (login required)

View Item View Item