Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PEMETAAN Stenocleane palustris Beed. YANG RESISTEN TERHADAP HERBISIDA BERBAHAN AKTIF PARAQUAT PADA PERKEBUNAN KELAPA SAWIT

MUHAMMAD REZKI, - (2020) PEMETAAN Stenocleane palustris Beed. YANG RESISTEN TERHADAP HERBISIDA BERBAHAN AKTIF PARAQUAT PADA PERKEBUNAN KELAPA SAWIT. Skripsi thesis, UIN SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
SKRIPSI LENGKAP (KECUALI BAB IV).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf

Download (475kB)

Abstract

PEMETAAN Stenocleane palustris Beed. YANG RESISTEN TERHADAP HERBISIDA BERBAHAN AKTIF PARAQUAT PADA PERKEBUNAN KELAPA SAWIT Muhammad Rezki (11582100988) Dibawah bimbingan Syukria Ikhsan Zam dan Ahmad Darmawi INTISARI Stenochlaena palustris merupakan gulma pada perkebunan Kelapa sawit (Elaeis guineensis Jacq.). Gulma di perkebunan kelapa sawit selain menimbulkan persaingan dengan tanaman juga mengganggu kelancaran kegiatan kebun. permasalahan yang dapat timbul dalam pengendalian gulma Stenochlaena palustris adalah munculnya resistensi gulma terhadap herbisida yang digunakan, salah satunya herbisida berbahan aktif paraquat (Gramaxone). Penelitian ini bertujuan memetakan resitensi gulma Stenochlaena palustris terhadap herbisida berbahan aktif paraquat pada perkjjebunan kelapa sawit. Penelitian ini telah dilaksanakan di Laboratorim Patologi Entomologi Mikrobiologi dan Ilmu Tanah Fakultas Pertanian dan Peternakan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. Penelitian dilaksanakan selama 2 bulan yaitu Bulan Juli sampai dengan Agustus 2019. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive random sampling di mana melihat secara langsung lokasi yang akan dijadikan lahan penelitian dan menggunakan dosis anjuran. Hasil penelitian menunjukkan mortalitas Stenochlaena palustris berkisar antara 77,7 – 82, 1% dengan tingkat resistensi berkisar antara 17,9 – 23,7% (resisten – moderat). Kesimpulan yang di dapatkan dari penelitian ini adalah Stenochlaena palustris di Desa Seikijang resisten terhadap herbisida berbahan aktif paraquat, sedangkan Stenochlaena palustris yang terdapat pada Desa Lobuk Ogong dan Desa Kiyab Jaya termasuk ke dalam kriteria moderat. Kata kunci: Stenochlaena palustris, resistensi, paraquat, kelapa sawit.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 630 Usaha Tani, Pertanian, Teknologi Pertanian
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Pertanian dan Peternakan > Agroteknologi
Depositing User: fapertapet -
Date Deposited: 28 Aug 2020 01:47
Last Modified: 28 Aug 2020 01:48
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/29853

Actions (login required)

View Item View Item