Nurul Fitri Handayani, - (2020) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SCAFFOLDING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 TAPUNG. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf Download (6MB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (973kB) |
Abstract
ABSTRAK Nurul Fitri Handayani, (2020): Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Scaffolding terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Tapung Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran scaffolding terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Tapung. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Tapung. Jenis penelitian ini merupakan penelitian Quasy Eksperimen Design dengan rancangan penelitian Non-equivalent Control Grup Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa yang belajar ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Tapung yang berjumlah 120. Sedangkan sampel penelitian ini adalah siswa IPS kelas X Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Tapung yang berjumlah 60 siswa, terdiri dari 30 siswa kelas eksperimen dan 30 siswa kelas kontrol dengan menggunakan teknik pengambilan Purposive Sampling dengan pertimbangan nilai rata-rata hasil pretest kelas mendekati sama. Subjek dalam penelitian ini guru dan siswa kelas X Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Tapung, sedangkan objek pada penelitian ini adalah proses pelaksanaan penerapan model pembelajaran scaffolding sebagai usaha untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan presentase. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara penerapan model pembelajaran scaffolding terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Tapung dengan thitung > ttabel baik pada taraf signifikansi 5% maupun 1% (2,001<3,065>2,663), dan nilai sig. <0,05 (0,001<0,05) yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Hasil uji effect size menunjukan besaran pengaruh penerapan model pembelajaran scaffolding terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Tapung adalah sebesar 0,80 tergolong besar. Kata Kunci : Model Pembelajaran Scaffolding, Hasil belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 31 Aug 2020 03:05 |
Last Modified: | 31 Aug 2020 03:05 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/29847 |
Actions (login required)
View Item |