Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

MODEL FUZZY LINIER REGRESI MENGGUNAKAN TRIANGULAR FUZZY NUMBER SIMETRIS BERDASARKAN ATURAN 2 POWER OF K (Studi Kasus: Prediksi Pasokan Energi Primer di Indonesia)

RIAN ARI KURNIAWAN, - (2020) MODEL FUZZY LINIER REGRESI MENGGUNAKAN TRIANGULAR FUZZY NUMBER SIMETRIS BERDASARKAN ATURAN 2 POWER OF K (Studi Kasus: Prediksi Pasokan Energi Primer di Indonesia). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text
TA RIAN SELAIN BAB IV.pdf

Download (4MB)
[img] Text (BABIV)
TA RIAN BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (827kB)

Abstract

Metode OLS sering kali digunakan untuk mengestimasi parameter model Regresi Linier Berganda dengan input single-point. Namun, metode ini kurang sesuai digunakan untuk mengestimasi data-data yang berbentuk interval. Untuk mengatasi keterbatasan tersebut berkembanglah model Fuzzy Linier Regresi (FLR) yang menggunakan metode fuzzy optimasi dengan data berbentuk interval, yang dibentuk melalui prosedur triangular fuzzy number (TFN) simetris berdasarkan aturan 2 power of k. Maka melalui penelitian ini penulis tertarik untuk membandingkan prediksi metode OLS pada Regresi Linier Berganda dan fuzzy optimasi pada model FLR dengan input data TFN simetris. Pada implementasi data diperoleh nilai MAPE batas bawah model FLR TFN simetris 16,6% dan batas atas sebesar 22,9%. Dimana keduanya lebih kecil dari model Regresi Linier Berganda yang memiliki nilai MAPE 28,7% untuk batas bawah dan batas atasnya. Selanjutnya nilai rata-rata witdh FLR TFN simetris sebesar 66.790.375 kembali lebih kecil dibandingkan rata-rata width dari model Regresi Linier Berganda yang sebesar 132.625.201. Secara umum dapat disimpulkan bahwa hasil yang diperoleh model FLR TFN simetris lebih baik dibandingkan model Regresi Linier Berganda untuk memprediksi pasokan energi primer di Indonesia. Kata kunci: 2 Power of K, Fuzzy Linier Regresi, Regresi Linier Berganda, TFN Simetris

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Matematika
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 28 Aug 2020 04:49
Last Modified: 28 Aug 2020 04:49
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/29843

Actions (login required)

View Item View Item