Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS PENGARUH HARGA DAN PROMOSI TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA USAHA CV. SAPORITO PEKANBARU DITINJAU MENURUT EKONOMI ISLAM

Ryan Agung, - (2020) ANALISIS PENGARUH HARGA DAN PROMOSI TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA USAHA CV. SAPORITO PEKANBARU DITINJAU MENURUT EKONOMI ISLAM. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf

Download (6MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (856kB)

Abstract

ABSTRAK Ryan Agung (2020) : Analisis Pengaruh Harga Dan Promosi Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Usaha CV. Saporito Pekanbaru Ditinjau Menurut Ekonomi Islam Hasil penelitian ini dilatarbelakangi oleh kebutuhan sebagian masyarakat yang memiliki acara-acara penting yang mnghadirkan banyak orang yang dating. CV. Saporito Pekanbaru yaitu sebuah catering yang menyediakan makanan dalam bentuk masakan. Permasalahan dalam penelitian ini adalah harga yang mebuat daya beli konsumen meningkat atau menurun, maka CV. Saporito dituntut untuk memperhatikan faktor yang dapat mempengaruhi kepuasan konsumen yaitu tentang harga dan promosi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh harga dan promosi terhadap kepuasan konsumen pada usaha Catering CV. Saporito Pekanbaru dan mengetahui tinjauan ekonomi islam pengaruh harga dan promosi terhadap kepuasan konsumen pada usaha Catering CV. Saporito Pekanbaru. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 10 Konsumen(Instansi) dengan menggunakan teknik Total Sampling dimana peneliti mengambil keseluruhan populasi tersebut menjadi sampel penelitian. Pengumpulan data dengan melakukan Teknik Analisis Data, Kuisioner. Untuk metode penelitian yang digunakan adalah Deskriptif Kuantitatif yang menggunakan uji validitas, reabilitas, asumsi klasik dan uji hipotesis dengan menggunakan SPSS. Berdasarkan persamaan regresi linear berganda sebagai berikut : Y = 2.882 + 0.613X1 + 0.481X2 + e artinya bahwa variabel harga berpengaruh positif terhadap variabel kepuasan konsumen, dan variabel promosi tidak berpengaruh positif terhadap variabel kepuasan konsumen. Hasil analisis data pada penelitian ini juga dapat diketahui bahwa variabel Harga (X1) memiliki pengaruh parsial terhadap variabel Kepuasan Konsumen (Y) sedangkan variabel Promosi (X2) tidak memiliki pengaruh parsial. Uji t yang variabel harga memiliki nilai thitung sebesar (2.409) > ttabel sebesar (2.365) dengan nilai signifikan sebesar 0.033 < 0.05. Dan variabel promosi memiliki thitung sebesar (2.409) > ttabel sebesar (2.365) dengan nilai signifikan sebesar 0.196 > 0.05. Artinya H1ditolak dan H0 diterima. Uji F dapat disimpulkan diperoleh dari hasil pengolahan yaitu nilai signifikan F sebesar 0.000 < 0,05 (5%) dengan Fhitung (Fhitung > Ftabel) = 29.542 > 4.46. Artinya H0 ditolak dan H1 diterima Jadi, dapat disimpulkan bahwa harga dan promosi secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen. Dan untuk Uji R2 sebesar 0.894. Pengaruh variabel independen (harga dan promosi) terhadap naik turunnya variabel dependen (kepuasan konsumen) adalah sebesar 89.4% dan sisanya 10.6%.Dan diketahui nilai R sebesar 0.946, artinya adalah bahwa korelasi antara variabel independen (harga dan promosi) dengan variabel dependen (kepuasan konsumen) memiliki hubungan yang kuat. Menurut Ekonomi Syariah, Harga dan Promosi pada usaha Catering CV. Saporito telah sesuai dengan prinsip ekonomi syariah yang melakukan transaksi secara rela sama rela dan memperhatikan harga yang sesuai dengan kualitas pada produk dan promosi menyambung silaturrahmi sehingga menerapkan sikap tolong menolong sesama manusia, serta kepuasan konsumen menjadi kepuasan bagi pemilik usaha karena dapat bertahan menjadi langganan Catering. Kata kunci: Harga, Promosi, Kepuasan Konsumen

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 31 Aug 2020 03:32
Last Modified: 31 Aug 2020 03:33
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/29838

Actions (login required)

View Item View Item