Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Persepsi Masyarakat Terhadap Kejahatan Makhluk di Nagari Balai Tangah Sumatera Barat Kecamatan Lintau Buo Utara Sumatera Barat (Kajian Surah Al-Falaq)

AYLA VELISA AZURA, - (2020) Persepsi Masyarakat Terhadap Kejahatan Makhluk di Nagari Balai Tangah Sumatera Barat Kecamatan Lintau Buo Utara Sumatera Barat (Kajian Surah Al-Falaq). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
AYLA VELISA.pdf

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini berjudul “Persepsi Masyarakat Terhadap Kejahatan Makhluk di Nagari Balai Tangah Sumatera Barat Kecamatan Lintau Buo Utara Sumatera Barat (Kajian Surah Al-Falaq).” Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pandangan mufassir terhadap kejahatan makhluk dalam surah al-Falaq dan mengetahui presepsi masyarakat terhadap kejahatan makhluk dalam surah Al-Falaq di Nagari Balai Tangah Kecamatan Lintau Buo Utara Sumatera Barat. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan penelitian lapangan dengan metode kualitatif. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa sebagian masyarakat telah mengetahui kandungan surah al-Falaq dan bentuk-bentuk kejahatan makhluk di nagari Balai Tangah meliputi kejahatan makhluk yang telah Allah sebutkan di dalam surah Al-Falaq dan telah dijelaskan pula oleh para mufassir yang penulis ambil sebagai rujukan, di antaranya, pertama, kejahatan makhluk secara umum yakni masuknya binatang buas seperti ular ke rumah warga, kedua, kejahatan pada malam apabila telah gelap gulita seperti perjudian dan kemalingan, ketiga, kejahatan tukang sihir apabila menghembus buhul-buhulnya seperti kejahatan pelesit yang diyakini masyarakat dimana seseorang dapat menimpakan penyakit kepada orang yang ditujunya dengan ilmu yang ia miliki, keempat, kejahatan orang yang dengki apabila ia dengki, kejahatan melalui lisan dan perbuatan seperti ghibah dan perabun. Di samping memohon perlindungan kepada Allah dengan dzikir dan doa, ada pula sebagian masyarakat yang memakai gelang dari besi putih sebagai perlindungan diri dari bahaya kejahatan makhluk. Kata Kunci: Kejahatan makhluk, Surah Al-Falaq.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.1 Sumber-sumber Agama Islam, Kitab Suci Agama Islam > 297.1226 Tafsir Al-Qur'an, Ilmu Tafsir
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Ilmu Alqur'an dan Tafsir
Depositing User: fushu -
Date Deposited: 28 Aug 2020 03:42
Last Modified: 28 Aug 2020 03:43
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/29822

Actions (login required)

View Item View Item