Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

STUDI KOMPARASI PENYELESAIAN KREDIT MACET ANTARA JAMINAN GADAI DENGAN JAMINAN FIDUSIA DI PERUSAHAAN UMUM PEGADAIAN KANTOR CABANG PANAM PEKANBARU

LIMOK WIRANTO, - (2020) STUDI KOMPARASI PENYELESAIAN KREDIT MACET ANTARA JAMINAN GADAI DENGAN JAMINAN FIDUSIA DI PERUSAHAAN UMUM PEGADAIAN KANTOR CABANG PANAM PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
LIMOK WIRANTO.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Perusahaan umum pegadaian merupakan satu lembaga keuangan yang menjembatani antara pihak yang berkelebihan dana dan pihak yang memerlukan dana atau merupakan lembaga yang berperan sebagai perantara keuangan masyarakat. Sesuai dengan PP Nomor 13 Tahun 2000 pasal 8, perusahaan umum pegadaian melakukan kegiatan usaha utamanya dengan menyalurkan uang pinjaman berdasarkan jaminan fidusia, layanan jasa titipan, sertifikat logam mulia, dan industri emas lainnya. Penelitian ini dilakukan dengan mengangkat masalah pokok. Pertama bagaimana penyelesaian kredit macet antara jaminan gadai dengan fidusia di Perusahaan Umum Pegadaian Kantor Cabang Panam Pekanbaru. Kedua apakah faktor-faktor penghambat dalam penyelesaian kredit macet antara jaminan gadai dengan fidusia di Perusahaan Umum Pegadaian Kantor Cabang Panam Pekanbaru. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode hukum sosiologis, lokasi penelitian ini di Perusahaan Umum Pegadaian Kantor Cabang Panam Pekanbaru, sebjek dalam penelitian ini Kepala Cabang dan Karyawan di Perusahaan Umum Pegadaian, objek dalam penelitian ini penyelesaian kredit macet antara jaminan gadai dengan fidusia di Perusahaan Umum Pegadaian Kantor Cabang Panam Pekanbaru. Berdasarkan hasil dari penelitian penyelesaian kredit macet antara jaminan gadai dengan fidusia di Perusahaan Umum Pegadaian Kantor Cabang Panam Pekanbaru yaitu apabila benda itu dijaminkan dengan jaminan gadai maka penyelesaiannya pihak pegadaian dapat langsung melelang barang apabila barang jaminan tidak juga ditebus oleh debitur, sedangkan apabila dengan jaminan fidusia maka diawali dengan upaya-upaya persuasif lalu memberikan somasi (peringatan) apabila upaya tersebut tidak berhasil maka dilakukanlah proses penarikan atau penyitaan barang jaminan untuk di lelang guna menarik kembali kredit yang telah disalurkan beserta sewa modal yang menjadi hak perusahaan. Faktor-faktor penghambat dalam penyelesaian kredit macet antara jaminan gadai dengan fidusia yaitu adanya barang-barang hasil kejahatan yang dijadikan sebagai objek jaminan, penipuan yang dilakukan debitur dengan mengatakan benda jaminan belum dikenai hak apapun, debitur yang tidak diketahui keberadaannya ketika proses penarikan benda jaminan akan dilakukan, debitur yang menghalang- halangi penarikan benda jaminan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 340 Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 28 Aug 2020 04:39
Last Modified: 28 Aug 2020 04:39
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/29821

Actions (login required)

View Item View Item