PERANCANGAN SERVICE LEVEL AGREEMENT PADA LAYANAN IRAISE BERDASARKAN KERANGKA KERJA ITIL V3

MITRA ZAILINA, - (2020) PERANCANGAN SERVICE LEVEL AGREEMENT PADA LAYANAN IRAISE BERDASARKAN KERANGKA KERJA ITIL V3. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text
GABUNGAN KECUALI BAB 4.pdf

Download (28MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB 4.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (808kB)

Abstract

PERANCANGAN SERVICE LEVEL AGREEMENT PADA LAYANAN IRAISE BERDASARKAN KERANGKA KERJA ITIL V3 MITRA ZAILINA NIM: 11553200579 Tanggal Sidang: 10 Juni 2020 Periode Wisuda: Program Studi Sistem Informasi Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Jl. Soebrantas, No. 155, Pekanbaru ABSTRAK Pusat Teknologi Informasi dan Pangkalan Data (PTIPD) UIN SUSKA RIAU menggunakan situs akademis yang bernama Integrated Academic Information Systems (Iraise) ditujukan untuk mahasiswanya agar dapat lebih mudah dalam proses perkuliahan, seperti mengakses Iraise untuk melihat Nilai, KRS, KHS, history UKT, dan sebagainya. Permasalahan seperti yang seringkali dialami saat ini, dimana Customer Care Center (C3) dalam menerima keluhan pengguna Iraise tidak dapat menetapkan komitmen dan acuan kinerja (berupa waktu penanganan dan aspek penjaminan layanan) terhadap pengguna layanan. Keadaan ini dikarenakan belum adanya dokumen Service Level Agreement (SLA) yang menjadi pedoman tata laksana layanan di PTIPD. Hubungan antara penyelenggara dan pengguna harus menggunakan kontrak sebagai dasar kerjasama dalam SLA. Sehingga semua pihak yang terlibat dapat mengacu kepada SLA yang ada untuk mengevaluasi layanan TI dalam mengidentifikasi ekspektasi pada suatu layanan, memperjelas tanggung jawab, dan memfasilitasi komunikasi antara dua pihak, yakni penyedia layanan dan pelanggan atau pengguna layanan. Proses perancangan SLA akan menggunakan ITIL V3 sebagai kerangka kerja awal perancangan SLA. Service Design pada ITIL memberikan best practice untuk desain layanan TI. Analisis digunakan untuk mengukur tingkat kematangan (maturity level) dari Iraise dan memberikan rekomendasi terhadap sistem. Berdasarkan perhitungan kuesioner sistem Iraise didapat rata-rata 2,1. Hal ini berarti PTIPD telah melakukan perencanaan dan menjalankan pengelolaan layanan Iraise, namun belum memiliki standar prosedur dan dokumentasi. Kata Kunci: ITIL V3, Maturity Level, Design, SLA.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum > 003 Sistem-sistem
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 27 Aug 2020 01:54
Last Modified: 27 Aug 2020 01:54
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/29810

Actions (login required)

View Item View Item