Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap Intelligence Interpersonal Siswa pada Muatan Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Pekanbaru”

Aulia Izati, - (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap Intelligence Interpersonal Siswa pada Muatan Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Pekanbaru”. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
06.BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (741kB)
[img] Text
GABUNGA KECUALI BAB IV.pdf

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK Aulia Izati, ( 2020): Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap Intelligence Interpersonal Siswa pada Muatan Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Pekanbaru” Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan antara model pemebelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap intelligence interpersonal siswa pada mata pelajaran IPS di kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Pekanbaru. Penelitian ini dilatarbelakangi masih rendahnya kecerdasan interpersonal siswa Hal ini terlihat dengan sikap kurangnya rasa empati dan tanggung jawab dengan teman yang lain maupun dengan gurunya. Selain itu dalam proses pembelajaran IPS siswa cendrung kurang aktif sehingga hubungan interpersonal/social rendah antar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian Quasi Eksperimen dengan rancangan Pretest-Postest, Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Pekanbaru, sedangkan sampel penelitian di ambil dengan menggunakan teknik pengambilan sampel secara purposive sampling maka di perloleh dua kelas sampel yaitu kelas Vb sebagai kelas eksperimen dan Vc sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, angket, dan dokumentasi. Teknik analis data yang di gunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan uji t. Dari Hasil penelitian di peroleh thitung =5,549 dan t = 2,379 untuk taraf kepercayaan 1%, berarti thitung > ttabel maka Ho tabel di tolak dan H diterima.Maka dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antaramodel pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap intelligenceinterpersonalsiswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Pekanbaru. Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw, Intelligence Interpersonal

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 27 Aug 2020 03:12
Last Modified: 27 Aug 2020 03:15
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/29796

Actions (login required)

View Item View Item