Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA TEMA PERKEMBANGAN TEKNOLOGI KELAS III MADRASAH IBTIDAIYAH DARUL ULUM PEKANBARU

Atika Nurul Hakqi, - (2020) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA TEMA PERKEMBANGAN TEKNOLOGI KELAS III MADRASAH IBTIDAIYAH DARUL ULUM PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text (Bab IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (995kB)
[img] Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV FIX.pdf

Download (13MB)

Abstract

Atika Nurul Hakqi, (2020) : Penerapan Model Pembelajaran Problem Posing untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa pada Tema Perkembangan Teknologi Kelas III Madrasah Ibtidaiyah Darul Ulum Pekanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan berpikir kreatif pada Tema Perkembangan Teknologi Subtema Perkembangan Teknologi Pangan Kelas III Madrasah Ibtidaiyah Darul Ulum Kota Pekanbaru melalui penerapan model pembelajaran problem posing. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan berpikir kreatif siswa. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah satu orang guru dan siswa kelas III Madrasah Ibtidsaiyah Darul Ulum yang berjumlah 20 orang. Sedangkan objek dalam penelitian ini model pembelajaran problem posing dan keterampilan berpikir kreatif siswa siswa. Penelitian ini dilaksanakan 2 siklus, tiap siklus dilaksanakan 2 kali pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian bahwa pada sebelum tindakan 3 orang siswa atau 15 % berada pada kriteria cukup kreatif dan 17 orang siswa atau 85 % berada pada kriteria tidak kreatif. Kemudian dilakukan tindakan perbaikan dengan menggunakan model pembelajaran problem posing. Pada siklus I keterampilan berfikir kreatif siswa ada peningkatan, 2 orang siswa atau 10 % berada pada kriteria sangat kreatif, 8 orang siswa atau 40 % berada pada kriteria kreatif dan 10 orang siswa atau 50 % pada kriteria cukup kreatif. Pada siklus II siswa mampu mencapai target keberhasilan keterampilan berpikir kreatif siswa yaitu 13 orang siswa atau 65 % berada pada sangat kreatif dan 7 orang siswa atau 35 % berada pada kriteria kreatif. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa model pembelajaran problem posing dapat meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa pada tema perkembangan terknologi subtema perkembangan teknologi pangan dikelas III Madrasah Ibtidaiyah Darul Ulum Pekanbaru. Kata kunci : Keterampilan Berpikir Kreatif, Model Pembelajaran Problem Posing

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 27 Aug 2020 03:31
Last Modified: 27 Aug 2020 03:32
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/29788

Actions (login required)

View Item View Item