Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN PERSPEKTIF EKONOMI SYARI’AH

Joko Wira Sanjaya, - (2020) STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN PERSPEKTIF EKONOMI SYARI’AH. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (4MB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (422kB)

Abstract

ABSTRAK Joko Wira Sanjaya 2020: “Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Pendapatan Perspektif Ekonomi Syari’ah Penelitian ini dilatarbelakangi berdasarkan fenomena yang ada dimana banyaknya persaingan antar usaha dibidang yang sama, menuntut petani pembibitan tanaman menentukan strategi pemasaran yang tepat agar usaha dapat bertahan lama dan produk tetap eksis dipasaran. Jika strategi pemasarannya tidak tepat akan berimbas kurang maksimalnya laba yang diperoleh, selain itu dapat mengalami kerugian. Tetapi jika strategi yang diterapkan tepat, maka keuntungan mengalami peningkatan maksimal. Penelitian ini untuk mengetahui bagaimana strategi pemasaran Usaha Pembibitan Tanaman dalam meningkatkan pendapatan, serta mengetahui tinjauan ekonomi syariah terhadap strategi pemasaran tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian field research digunakan dengan cara menggali data yang bersumber dari lokasi penelitian lapangan pada Usaha Pembibitan Tanaman di Desa Rimbo Panjang Kecamatan Tambang. Subjek pada penelitian ini adalah pemilik Usaha Pembibitan Tanaman sebanyak 13 orang, dengan teknik pengambilan sampel mengunakan metode total sampling. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif terhadap data primer dan skunder. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa strategi pemasaran yang diterapkan oleh petani pembibitan tanaman Desa Rimbo Panjang dalam meningkatkan pendapatan cukup memadai, dengan menerapkan system bauran pemasaran produk, price, place,promotion. Produk yang dipasarkan memiliki kualitas dari bibit unggul dengan menggunakan pupuk berkualitas. Penetapan harga menerapkan metode (Competitor Price) yang diikuti dengan kualitas produk. Tempat usaha yang digunakan sudah strategis mudah dijangkau konsumen, pendistribusian barang belum efektif dalam hal packaging, promosi yang diterapkan masih sangat sederhana yaitu menggunakan spanduk dan penjualan personal atau promosi langsung (Personal Selling), dinyatakan cukup baik, namun belum efektif. Dalam Ekonomi Syariah di simpulkan bahwa strategi pemasaran yang diterapkan sesuai dengan prinsip Islam. Produk yang ditawarkan halal, penetapan harga tidak merugikan kedua belah pihak, lokasi usaha yang sangat strategis mudah dijangkau konsumen, melakukan promosi dengan jujur, benar, lemah lembut dan penuh keikhlasan melayani konsumen. Keyword: Strategi Pemasaran, Pendapatan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 27 Aug 2020 02:53
Last Modified: 27 Aug 2020 02:53
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/29759

Actions (login required)

View Item View Item