Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PELAKSANAAN PEMAKAIAN ALAT PELINDUNG DIRI TENAGA KERJA PENYEMPROT GULMA DALAM KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA DI PT. LAHAN TANI SAKTI DESA PONDOK KRESEK KECAMATAN TANJUNG MEDAN KABUPATEN ROKAN HILIR

TRI PUSPITA SARI, - (2020) PELAKSANAAN PEMAKAIAN ALAT PELINDUNG DIRI TENAGA KERJA PENYEMPROT GULMA DALAM KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA DI PT. LAHAN TANI SAKTI DESA PONDOK KRESEK KECAMATAN TANJUNG MEDAN KABUPATEN ROKAN HILIR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text
HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (512kB)
[img] Text
SKRIPSI TRI PUSPITA SARI.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini membahas tentang pelaksanaan pemakaian Alat Pelindung Diri terhadap tenaga kerja penyemprot gulma dalam kesehatan dan keselamatan kerja di perusahaan perkebunan kelapa sawit PT. Lahan Tani Sakti. Permasalahan yang terjadi di lapangan adalah ketidaksesuaian dalam pelaksanaan pemakaian Alat Pelindung Diri yang digunakan tenaga kerja seperti seharusnya yang telah diatur dalam kebijakan perusahaan maupun peraturan perundang-undangan yang berlaku. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pemakaian Alat Pelindung Diri yang di gunakan oleh tenaga kerja penyemprot gulma serta upaya-upaya yang dilakukan oleh perusahaan terkait dalam mengendalikan risiko bahaya kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja terhadap tenaga kerja penyemprot gulma di perusahaan perkebunan PT. Lahan Tani Sakti. Penelitian ini berlokasi di Desa Pondok Kresek, Kecematan Tanjung Medan, Kabupaten Rokan Hilir, Provinsi Riau. Adapun teknik dalam pengumpulan data yang penulis gunakan adalah Pengamatan (Observation), Wawancara (Interview), Kajian Pustaka, dan Studi Dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah perusahaan perkebunan PT. Lahan Tani Sakti sudah memenuhi seluruh ketentuan dan standarisai penggunaan Alat Pelindung Diri pada tenaga kerja penyemprot gulma. Tetapi dalam pelaksanaannya di lapangan tidak sesuai dengan Standart Operational Procedure yang berlaku. Dimana praktik di lapangan yang digunakan para tenaga kerja seperti, menggunakan Masker Surgery, menggunakan sarung tangan kain, tidak menggunakan aphrone dsb. Kemudian terkait dengan upaya yang dilakukan oleh perusahaan dalam mengendalikan risiko kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja adalah mengikutsertakan karyawan dan para pekerja pada BPJS Ketenagakerjaan, pengecekkan rutin kesehatan dan apabila ada indikasi keracunan, maka tenaga kerja akan dipindah tugaskan sementara maupun sampai selamanya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 340 Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 26 Aug 2020 02:24
Last Modified: 26 Aug 2020 02:25
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/29700

Actions (login required)

View Item View Item