Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH JARAK TANAM DAN APLIKASI PUPUK DASAR KOTORAN TERNAK TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL BAWANG MERAH( Allium ascalonicum L.)

Rizky Hidayat, - (2020) PENGARUH JARAK TANAM DAN APLIKASI PUPUK DASAR KOTORAN TERNAK TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL BAWANG MERAH( Allium ascalonicum L.). Skripsi thesis, UIN SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (364kB)
[img] Text
SKRIPSI LENGKAP (KECUALI BAB IV).pdf

Download (1MB)

Abstract

INTISARI Bawang merah (Allium ascalonicum L.) merupakan salah satu komoditas utama sayuran di Indonesia dan mempunyai banyak manfaat. Salah satu cara untuk meningkatkan produksi tanaman tidak lepas dari penggunaan pupuk yang berperan sebagai penyedia unsur hara. Berbagai macam pemupukan yang dilakukan diantaranya menggunakan pupuk kandang, pupuk hayati (biofertilizer atau pupuk mikroorganisme,dan pupuk hijau. Selain itu pengaturan populasi tanaman dengan mengatur jarak tanam yang sesuai juga merupakan salah satu program intensifikasi untuk meningkatkan laju produksi tanaman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jarak tanam dan pemberian jenis kotoran ternak yang terbaik untuk pertumbuhan dan hasil bawang merah. Penelitian telah dilaksanakan pada bulan Januari - Maret 2019 di Desa Tarai Bangun, Kecamatan Tambang, Kampar, Riau. Penelitian ini dilakukan dengan metode percobaan faktor dan 3 ulangan. Faktor pertama adalah jarak tanam (20 cm x 20 cm dan 20 cm x 25 cm) dan faktor kedua adalah pupuk dasar kotoran ternak (kontrol, kelinci, ayam dan sapi).Unit percobaan berupa bedengan berukuran 75 cm x 80 cm yang disusun secara RAK. Parameter yang diamati adalah tinggi tanaman, jumlah anakan per rumpun, bobot basah umbi per tanaman, bobot kering umbi per tanaman dan diameter umbi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Jarak tanam tidak dapat meningkatkan semua parameter penelitian. Pupuk dasar dari kotoran kelinci menghasilkan tinggi tanaman dan jumlah anakan tertinggi. Interaksi menunjukkan pada parameter diameter umbi tertinggi didapat pada perlakuan pupuk dasar dari kotoran ayam dengan jarak tanam 20 cm x 20 cm. Kata Kunci: Bawang Merah, Jarak Tanam, Pupuk Dasar Kotoran Ternak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 630 Usaha Tani, Pertanian, Teknologi Pertanian
Depositing User: fapertapet -
Date Deposited: 26 Aug 2020 03:08
Last Modified: 26 Aug 2020 03:09
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/29695

Actions (login required)

View Item View Item