OPTIMALISASI RELAI OCR DAN GFR DI GARDU INDUK TELUK LEMBU DALAM MEMINIMALISIR SYMPATHETIC TRIP PENYULANG 20 kV (Studi Kasus: PT.PLN (PERSERO) Gardu Induk Teluk Lembu Pekanbaru)

Teguh Rahayu Slamet, - (2020) OPTIMALISASI RELAI OCR DAN GFR DI GARDU INDUK TELUK LEMBU DALAM MEMINIMALISIR SYMPATHETIC TRIP PENYULANG 20 kV (Studi Kasus: PT.PLN (PERSERO) Gardu Induk Teluk Lembu Pekanbaru). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text
file lengkap kecuali BAB_IV.pdf

Download (5MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV .pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (532kB)

Abstract

Suatu sistem tenaga listrik tidak terlepas dari berbagai macam gangguan, salah satunya gangguan hubung singkat. Untuk melindungi sistem dari gangguan diperlukan suatu peralatan proteksi berupa relai. Dalam bekerja, suatu relai dapat mengalami kesalahan respon yang disebut sympathetic trip. Penelitian ini dilakukan di Gardu Induk Teluk Lembu (GITL) pada transformator unit dua. Pada transformator unit dua telah diinterkoneksikan dengan pembangkit tambahan sebelumnya, yang saat ini telah off. GITL telah berencana menginterkoneksikan kembali pembangkit tambahan tersebut untuk menjaga pembebanan pada transformator unit dua. GITL telah mengalami kasus sympathetic trip sebanyak 5 kasus selama 18 bulan. Hal ini menunjukkan bahwa setting relai saat ini dengan kurva definite, belum optimal dalam menangani masalah sympathetic trip. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan setting optimal relai arus lebih agar sympathetic trip tidak terjadi lagi. Metode yang ditawarkan adalah melakukan pengujian relai dengan variasi beban motor dengan statis. Dalam metode ini dilakukan pada dua kondisi yaitu kondisi sebelum dan setelah interkoneksi pembangkit tambahan. Hasil yang didapat, setting relai optimal yaitu TMS = 0,26, PS = 0,6086 dengan kurva inverse. Kata Kunci : Optimalisasi, Aliran Daya, Hubung Singkat, Relai, Sympathetic trip.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 620 Ilmu Teknik
600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 620 Ilmu Teknik > 621 Fisika Terapan > 621.381 Teknik Elektronika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Elektro
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 26 Aug 2020 02:12
Last Modified: 26 Aug 2020 02:13
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/29684

Actions (login required)

View Item View Item