PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN KECERDASAN SPIRITUAL TERHADAP KINERJA GURU DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI SE-KOTA PEKANBARU

Ismiyatul Rahmah, - (2020) PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN KECERDASAN SPIRITUAL TERHADAP KINERJA GURU DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI SE-KOTA PEKANBARU. Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text
Tesis ismi Bab 1,2,3,5.pdf

Download (2MB)
[img] Text (BAB IV)
Tesis ismi Bab 4.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (521kB)

Abstract

Ismiyatul Rahmah (2020 ): Pengaruh Kompetensi Pedagogik dan Kecerdasan Spiritual terhadap Kinerja Guru di Madrasah Tsanawiyah Negeri Se-Kota Pekanbaru Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan rendahnya kinerja guru. Hal itu dapat dilihat dari fenomena-fenomena yang terjadi seperti masih ada guru yang terlambat datang ke sekolah, sehingga terlambat melaksanakan kegiatan pembelajaran, masih ada guru belum menunjukan hal yang kreatif dalam mengembangkan materi pelajaran secara aktif, yang terlihat pada RPP yang dibuat oleh guru yang hanya menggunakan media itu-itu saja, masih ada guru yang kurang menggunakan metode-metode yang bervariasi ataupun yang terbaru yang mengarahkankepada keaktifan siswa, guru lebih cenderung menggunakan metode-metode lama seerti ceramah dan diskusi serta mencatat, dan masih ada guru yang belum mampu mengelola kelas secara rapi dan nyaman, terlihat guru membiarkan bangku berserakan saat memulai kegiatan pemebajaran. Fenomena tersebut menunjukan belum maksimalnya kinerja guru atau masihtergolong rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi pedagogik dan kecerdasan spiritual terhadap kinerja guru di MTsN Se-Kota Pekanbaru. Untuk memperoleh data yang dibutuhkan penulis menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan analisis inferensial. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru MTsN Se-kota Pekanbaru yang teradapat 3 MTs Negeri yakni 165 guru, penetapan sampel dengan menggunakan teknik total sampling yakni untuk keseluruhan guru yang mengajar dalam lingkup PAI yakni berjumlah 35 orang guru. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa 1)Terdapat pengaruh antara kompetensi pedagogik terhadap kinerja guru di MTsN Se-Kota Pekanbaru. Artinya makin tinggi kompetensi pedagogik semakin tinggi pula kinerja guru dalam menjalankan tugasnya., 2)Terdapat pengaruh antara kecerdasan spiritual terhadap kinerja guru di MTsN Se-Kota Pekanbaru. Artinya bahwa semakin baik kecerdasan spiritual guru maka semakin baik pula kinerja guru dalam menjalankan setiap tugas dan tanggung jawabnya disekolah, dan 3)Terdapat pengaruh kompetensi pedagogik dan kecerdasan spiritual terhadap kinerja guru di MTsN Se-Kota Pekanbaru. Kompetensi pedagogik dan kecerdasan spiritual secara nyata turut menentukan dan memberikan kontribusi terhadap kinerja guru yang semakin baik. Pengaruh kedua variabel kompetensi pedagogik dan kecerdasan spiritual terhadap kinerja guru yakni sebesar 31.5% sedangkan selebihnya 68.5% tidak dibahas dalam penelitian ini..

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: pps -
Date Deposited: 25 Aug 2020 02:54
Last Modified: 25 Aug 2020 02:54
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/29679

Actions (login required)

View Item View Item