Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

OPTIMASI PRODUKSI PALLLET MENGGUNAKAN METODE FUZZY LINEAR PROGRAMMING DAN CUTTING PLANE DI PT. INDUSTRI PENGOLAHAN KAYU RAKYAT KARMINTO

Ade Irma Wulandari, - (2020) OPTIMASI PRODUKSI PALLLET MENGGUNAKAN METODE FUZZY LINEAR PROGRAMMING DAN CUTTING PLANE DI PT. INDUSTRI PENGOLAHAN KAYU RAKYAT KARMINTO. Skripsi thesis, Universitas Islam Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text
BAB 1,2,3,6 REPOSITORY.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB 4, 5 REPOSITORY.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

PT. Industri Pengolahan Kayu Rakyat Karminto (IPKR KM) merupakan sebuah perusahaan yang bergerak di industri pembuatan pallet. Permasalahan yang terjadi pada PT. IPKR KM adalah jumlah produksi dan jumlah permintaan yang tidak stabil, sering mengalami cacat produk dalam proses produksi, dan mengalami tidak sesuai kriteria bahan baku yang dipesan. Tujuan dari penelitian ini untuk menentukan optimal hasil produksi, menentukan keuntungan yang optimal, menentukan kebutuhan optimal sumber daya dan menentukan nilai sensitivitas terhadap solusi optimum yang dicapai. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode Fuzzy Linear Programming dan Cutting Plane. Metode Fuzzy Linear Programming merupakan metode yang digunakan untuk penyelesaian optimasi program linear dengan konsep fuzzy. Metode Cutting Plane merupakan metode Integer Programming yang digunakan jika variabel keputusan belum bernilai bulat (desimal) dengan penambahan pembatas baru (gomory) sehingga menghasilkan variabel keputusan yang bernilai bulat. Berdasarkan penelitian diperoleh nilai optimal yang harus produksi perusahaan untuk 4 jenis pallet yang diteliti antara lain untuk jenis pallet ukuran 63 cm x 93 cm x 13,5 cm sebanyak 0 unit/bulan, jenis pallet ukuran 67 cm x 102 cm x 13,5 cm sebanyak 0 unit/bulan, jenis pallet ukuran 76 cm x 96 cm x 12,5 cm sebanyak 0 unit/bulan, dan jenis pallet ukuran 94 cm x 113 cm x 12,5 cm sebanyak 5.760 unit/bulan dengan pendapatan sebesar Rp. 264.960.000. Dengan menggunakan metode Fuzzy Linear Programming dan Cutting Plane perusahaan akan mendapatkan keuntungan sebesar Rp. 44.160.000/bulan dengan kenaikan pendapatan sebesar 20%. Berdasarkan analisa sensitivitas untuk nilai kuantitas batasan adalah jarak di mana nilai shadow price tetap berlaku. Jika meningkat di atas batas atas jarak sensitivitas (increase) atau berkurang di bawah batas bawah (decrease), maka nilai shadow price akan berubah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 620 Ilmu Teknik
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 27 Aug 2020 03:35
Last Modified: 27 Aug 2020 03:36
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/29678

Actions (login required)

View Item View Item