Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PEMANFAATAN WAKTU LUANG PADA REMAJA PENGHAFAL AL-QUR’AN (Studi pada Mahasiswa Institut Sains Al-Qur’an Syekh Ibrahim Pasir Pengaraian – Riau)

Armi Sabri, - (2020) PEMANFAATAN WAKTU LUANG PADA REMAJA PENGHAFAL AL-QUR’AN (Studi pada Mahasiswa Institut Sains Al-Qur’an Syekh Ibrahim Pasir Pengaraian – Riau). Skripsi thesis, UIN SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

This is the latest version of this item.

[img] Text (BAB HASIL DAN PEMBAHASAN)
7. BAB IV HASIL - PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (522kB)
[img] Text
SKRIPSI LENGKAP.pdf

Download (4MB)

Abstract

Abstrak Pada umumnya, setiap individu memiliki waktu luang, dimana mereka bebas menggunakan waktu tersebut untuk melakukan kegiatan yang diinginkan. Pada usia remaja, waktu luang menjadi sangat penting, terutama dalam pemanfaatan waktu luang yang mereka miliki. Begitu juga dengan remaja yang dalam kesehariannya sebagai penghafal AlQur’an dan menyandang status sebagai seorang mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan waktu luang pada remaja penghafal Al-Qur’an di Institute Sains Al-Qur’an Syekh Ibrahim Pasir Pengaraian. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan subjek adalah penghafal Al-Qur’an. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuisioner. Data diolah dengan membuatkan kategorisasi menggunakan Microsoft excel dan dilakukan analisis mengunakan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum remaja penghafal Al-Qur’an memiliki waktu luang, terutama pada waktu malam hari selama antara 1 sampai dengan 2 jam. Aktivitas pemanfaatan waktu luang pada subjek sama dengan remaja pada umumnya, hanya saja waktu luang mereka kadang juga digunakan untuk menghafal Al-Qur’an. Pemilihan aktivitas waktu luang oleh remaja penghafal Al-Qur’an dilandasi dengan berbagai alasan pribadi dan dalam memanfaatkan waktu luang itu subjek merasakan emosi positif dan negatif. Kata kunci: Waktu luang, pemanfaatan waktu luang, remaja, penghafal Al-Qur’an

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 100 Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: fpsi -
Date Deposited: 26 Aug 2020 02:05
Last Modified: 26 Aug 2020 02:06
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/29675

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item