Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN K-NEAREST NEIGHBOR PADA PENGOLAHAN CITRA DIGITAL MENGGUNAKAN LOCAL BINARY PATTERN UNTUK KLASIFIKASI TANAMAN HERBAL

PUTRI MELATI, - (2020) PENERAPAN K-NEAREST NEIGHBOR PADA PENGOLAHAN CITRA DIGITAL MENGGUNAKAN LOCAL BINARY PATTERN UNTUK KLASIFIKASI TANAMAN HERBAL. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text
File Lengkap-PUTRI MELATI.pdf

Download (12MB)
[img] Text (BAB IV DAN V)
File Bab IV dan V-PUTRI MELATI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

Tanaman herbal adalah tumbuh-tumbuhan yang berada di alam dan memiliki khasiat sebagai obat. Tumbuh-tumbuhan tertentu memiliki kegunaan khusus yang dapat mencegah dan menyembuhkan penyakit. Indonesia dikenal sebagai negara nomor dua dengan tanaman obat tradisional terbanyak setelah Brazil. Banyak faktor yang menjadi alasan masyarakat modern kembali menggunakan tanaman herbal karena harga obat-obat kimia semakin mahal yang tidak terjangkau oleh semua kalangan masyarakat. Tanaman herbal terbagi menjadi lima kelas, yaitu binahong, cincau hijau, keji beling, sambung nyawa dan sirih. Dengan tekstur dan daun yang sama masyarakat banyak tidak mengetahui pemanfaatan tanaman herbal sebagai obat tidak sesuai dengan kegunaannya. Oleh karena itu, dibuatlah suatu sistem untuk klasifikasi tanaman herbal menggunakan K-Nearest Neighbor (KNN). Pada penelitian ini, data bersumber dari 100 data tanaman herbal dengan 20 jenis data yang sama. Dilakukan pengujian berdasarkan pembagian data. Data latih dan data pengujian. Berdasarkan hasil didapat akurasi tertinggi pada pembagian data 90% data latih dan 10% data uji yaitu mencapai 90%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 620 Ilmu Teknik
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Informatika
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 25 Aug 2020 01:48
Last Modified: 25 Aug 2020 01:48
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/29658

Actions (login required)

View Item View Item