KOMPETENSI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGELOLA KELAS DAN MENGATASI KESULITAN BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI SE-KOTA PEKANBARU

LAKSAMANA ARNANDA HARAHAP, - (2020) KOMPETENSI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGELOLA KELAS DAN MENGATASI KESULITAN BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI SE-KOTA PEKANBARU. Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text
TESIS LAKSAMAN ARNANDA HARAHAP.pdf

Download (13MB)
[img] Text (BAB IV)
17. BAB IV TESIS LAKSAMANA ARNANDA HARAHAP.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Kompetensi guru pendidikan agama Islam merupakan salah satu kompetensi wajib dimiliki setiap pendidik, guru yang kompeten adalah guru yang memiliki empat kompetensi, yakni kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional. Dalam hal ini guru diharapkan mampu mengatasi permasalahan-permasalahan yang terjadi selama proses pembelajaran pendidikan agama Islam, seperti pengelolaan kelas dan mengatasi kesulitan belajar peserta didik. Berdasarkan studi pendahuluan masih ada terdapat guru PAI kurang mampu dalam menerapkan kompetensi guru tersebut. Maka dengan demikian penulis mengambil permasalahannya bagaimana kompetensi guru pendidikan agama Islam dalam mengelola kelas dan mengatasi kesulitan belajar peserta didik di SMA Negeri Se-Kota Pekanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kompetensi guru pendidikan agama Islam dalam mengelola kelas dan mengatasi kesulitan belajar peserta didik di SMA Negeri Se-Kota Pekanbaru. Jenis Penelitian ini termasuk dalam deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatan survey lapangan (fieleresearch). Teknik pengambilan data menggunakan wawancara dan dokumentasi. Teknik analisa data dilakukan secara induktif dengan menggunakan model interaktif, diantaranya: mengumpulkan data, mereduksi data, menyajikan data, dan menyimpulkan data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, kompetensi guru pendidikan agama Islam dalam mengelola kelas sudah baik. Kedua, kompetensi guru pendidikan agama Islam dalam mengatasi kesulitan belajar peserta didik sudah baik. Kata Kunci: Kompetensi Guru, Mengelola Kelas, Kesulitan Belajar.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: pps -
Date Deposited: 24 Aug 2020 04:39
Last Modified: 24 Aug 2020 04:39
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/29640

Actions (login required)

View Item View Item