Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH STRATEGI ACTIVE KNOWLEDGE SHARING TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 LUBUK DALAM

Rika Riadiani, - (2020) PENGARUH STRATEGI ACTIVE KNOWLEDGE SHARING TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 LUBUK DALAM. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf

Download (7MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (764kB)

Abstract

ABSTRAK Rika Riadiani, (2020) : Pengaruh Strategi Active Knowledge Sharing terhadap Kemampuan Kognitif Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Lubuk Dalam Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan antara penerapan strategi pembelajaran active knowledge sharing terhadap kemampuan kognitif siswa pada mata pelajaran ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Lubuk Dalam. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dan desain yang digunakan adalah nonequivalent control group design. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa, sedangkan objeknya adalah pengaruh strategi active knowledge sharing terhadap kemampuan kognitif siswa pada mata pelajaran ekonomi. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPS Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Lubuk Dalam yang berjumlah 91 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah 31 siswa kelas X IPS 2 sebagai kelas eksperimen dan 30 siswa kelas X IPS1 sebagai kelas kontrol sehingga total sampel 61 orang. Teknik pengambilan sampel dengan metode purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah tes t. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa kemampuan kognitif siswa pada kelas eksperimen yang menggunakan strategi active knowledge sharing lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional. Hal ini dibuktikan melalui uji hipotesis dengan menggunakan tes t yang menunjukkan bahwa thitung > ttabel baik taraf signifikan 5% (1,671) maupun 1% (2,391) atau 671 < 2,801 > 2,391 maka Ha diterima dan Ho ditolak yang berarti penggunaan strategi active knowladge sharing sangat berpengaruh terhadap kemampuan kognitif siswa. Kata Kunci : Strategi Active Knowledge Sharing, Kemampuan Kognitif

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 24 Aug 2020 02:13
Last Modified: 24 Aug 2020 02:13
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/29600

Actions (login required)

View Item View Item