Lafadz-lafadz yang gharib (Asing) dan Maknanya dalam Al-Qur’an Al-karim menurut Ibnu ‘Abbas dan hubungannya dengan Sya’ir ‘Arab ( Studi de skriptif analisis tentang ‘Ilmu Dilalah dan penerapannya dalam pembelajaran bahasa ‘Arab)

SUDOMRO HASIBUAN, - (2020) Lafadz-lafadz yang gharib (Asing) dan Maknanya dalam Al-Qur’an Al-karim menurut Ibnu ‘Abbas dan hubungannya dengan Sya’ir ‘Arab ( Studi de skriptif analisis tentang ‘Ilmu Dilalah dan penerapannya dalam pembelajaran bahasa ‘Arab). Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
SUDOMRO HASIBUAN.pdf

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Sudomro Hasibuan (2020): Lafadz-lafadz yang gharib (Asing) dan Maknanya dalam Al-Qur’an Al-karim menurut Ibnu ‘Abbas dan hubungannya dengan Sya’ir ‘Arab ( Studi de skriptif analisis tentang ‘Ilmu Dilalah dan penerapannya dalam pembelajaran bahasa ‘Arab) Penelitian ini adalah penelitian pustaka yang didasarkan pada asumsi bahwa Lafadz-lafadz yang gharib itu terdapat didalam Al-Qur’an Al-karim menurut pendapat Ibnu ‘Abbas yang ditulis oleh Al Imam Jalaluddin Assuyuti dalam bukunya yang berjudul “Al-itqan Fii ‘Ulumi Al-Qur’an”. Kajian ini tentu ada manfa’at yang besar dari sisi kemuliaan Al-Qur’an itu sendiri dan keluasan khazanah ‘Ilmu yang terdapat didalamnya. Dan juga dari asfek dilalahnya yang tidak kalah penting bagi kita ummat Islam agar mampu memahaminya demi menjaga eksistensi dan memperdalam pengetahuan kita terhadap kitab suci yang mulia ini. Berdasarkan latar belakang, peneliti merumuskan 3 tujuan penelitian 1) mengetahui Lafadz-lafadz yang gharib didalam Al-Qur’an dalam surat-surat yang disebutkan 2) mengetahui makna-makna dari Lafadz-lafadz yang gharib didalam Al-Qur’an dalam surat-surat yang disebutkan 3) Mengetahui bahwa ada hubungan atau korelasi antara Lafadz-lafadz yang gharib didalam Al-Qur’an dalam surat-surat yang disebutkan dengan sy’ir ‘Arab. Penelitian ini bersifat diskriftik analisis kualitatif dengan hanya mengumpulkan Lafadz-lafadz yang gharib didalam Al-Qur’an pada surat-surat yang disebutkan. Adapun hasil dari penelitian ini adalah bahwa peneliti hanya meneliti beberapa surat dalam Al-Qur’an yaitu : Surat Al-Isra’, Surat Al-Kahfi, Surat Maryam, Surat Thaha, Surat Al-anbiya’, Surat Al-haj, Surat Al-Mu’minun, Surat An-Nur, Surat Al-Furqan dan Surat Asy-Syu’ara’ yang terhimpun dalam jumlah 33 Lafadz. Dari Lafadz-lafadz yang terdapat dalam Surat-surat tersebut, jika dihubungkan dengan Sya’ir-sya’ir Arab, oleh Ibnu ‘Abbas menyebutkan terdapat hubungan atau korelasi baik dari asfek Lafadz maupun maknanya. Tentu penelitian ini merupakan tambahan khazanah keilmuan kita terhadap Al-Qur’an Al-karim yang semakin dikaji semakin baik dan mantap keimsnan kita terhadap kitab yang agung ini. Dan kita berharap kepada Allah Ta’ala bahwa Al-Qur’an yang Mulia ini memberi Manfa’at bagi kita didunia serta syafa’at kelak di hari akhir, Aamiin Ya rabbal’alamiin.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 24 Aug 2020 05:14
Last Modified: 24 Aug 2020 05:14
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/29585

Actions (login required)

View Item View Item