Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

IMPLEMENTASI PROGRAM KELUARGA HARAPAN (PKH) DALAM UPAYA MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT (STUDI PADA DESA SUNGAI LITI KECAMATAN KAMPAR KIRI KABUPATEN KAMPAR)

YUNITA ASMA, - (2020) IMPLEMENTASI PROGRAM KELUARGA HARAPAN (PKH) DALAM UPAYA MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT (STUDI PADA DESA SUNGAI LITI KECAMATAN KAMPAR KIRI KABUPATEN KAMPAR). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (564kB)
[img] Text
SKRIPSI ASMA UPLOAD.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan di Desa Sungai Liti Kecamatan Kampar Kiri Kabupaten Kampar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi Program Keluarga Harapan (PKH) dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Program PKH adalah program perlindungan sosial yang memberikan bantuan tunai kepada keluarga sangat miskin (KSM) dengan catatan mengikuti persyaratan yang diwajibkan. Program ini bertujuan untuk mengurangi beban RTSM dan diharapkan memutus rantai kemiskinan antar generasi. Sasaran program ini yakni ibu hamil, ibu menyusui memiliki balitan dan anak usia sekolah setingkat SD-SMA serta penyandang disabilitas dan para lansia. Indikator yang digunakan dalam penelitian ini berdasarkan Pertaturan Menteri Sosial Nomor 1 Tahun 2018 meliputi: meningkatkan taraf hidup keluarga penerima manfaat (KPM), Mengurangi beban pengeluaran, perubahan perilaku dan kemandirian keluarga penerima manfaat (KPM), dan mengurangi kemiskinan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan studi dokumen. Informan dalam penelitian ini berjumlah 10 orang. Berdasarkan hasil penelitian yang ada, bahwa secara umum implementasi program keluarga harapan (PKH) di Desa Sungai Liti Kecamatan Kampar Kiri Kabupaten Kampar sudah cukup baik hal inidapat dilihat dari masyarakat sudah merasakan dampak yang cukup positif dengan adanya program ini, akan tetapi masih terdapat sedikit hambatan di dalampelaksanaanya yakni: masih kurangnya koordinasi pendampng PKH dengan aparat desa, masih adanya permasalahan dalam pencairan dan pertemuan peningkatan kemampuan keluarga tidak masimal dilakukan sehingga masyarakat kurang paham tentang hak dan kewajibannya sebagai peserta Program Keluarga Harapan Kata Kunci: Implementasi Kebijakan, Program Keluarga Harapan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 330 Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Administrasi Negara
Depositing User: fekon -
Date Deposited: 24 Aug 2020 03:02
Last Modified: 24 Aug 2020 03:03
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/29582

Actions (login required)

View Item View Item