Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH BIMBINGAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL SISWA DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 2 PEKANBARU

Ikhsan Akbar, - (2020) PENGARUH BIMBINGAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL SISWA DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 2 PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Updated Version
Restricted to Repository staff only

Download (753kB)
[img] Text
SKRIPSI GABUNG FIX.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Ikhsan Akbar, (2019): Pengaruh Bimbingan Guru Pendidikan Agama Islam Terhadap Kecerdasan Emosional Siswa di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Pekanbaru. Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah bahwa dunia pendidikan sering dikritik oleh masyarakat yang disebabkan karena adanya sejumlah siswa dan adanya sejumlah lulusan tersebut menunjukan perilaku yang kurang pantas serta belum sepenuhnya dapat beradaptasi dengan lingkungan sosialnya secara baik. Hal ini karena proses pembelajaran hanya menitikberatkan kecerdasan intelektual saja, padahal kecerdasan emosional sangatlah berpengaruh membentuk manusia yang sempurna. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pengaruh bimbingan guru pendidikan agam Islam terhadap kecerdasan emosional siswa di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Pekanbaru. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X dengan objek penelitian adalah pengaruh bimbingan guru pendidikan agama Islam terhadap kecerdasan emosional siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Pekanbaru yang berjumlah 809 siswa. Dalam penelitian ini penulis mengadakan penarikan sampel sebesar 10% denga jumlah sampel 81 orang siswa yang dilakukan dengan teknik Simple Random Sampling. Pengumpulan data yang digunakan adalah angket, dokumentasi dan observasi. Setelah data terkumpul kemudian dianalisis dengan teknik korelasi Product Moment. Berdasarkan hasil analisis diperoleh bahwa terdapat pengaruh antara bimbingan guru pendidikan agama Islam dengan kecerdasan emosional siswa di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Pekanbaru. Hasil ini terbukti dari r hitung > r tabel (0,227< 0,457 >0,296). Hubungan antara bimbingan guru pendidikan agama Islam dengan kecerdasan emosional siswa tergolong pada kategori sedang, karena nilai koefisien korelasi bimbingan guru pendidikan agama Islam dengan kecerdasan emosional siswa adalah sebesar 0,457 terletak pada interval 0,04 – 0,700. Kata Kunci: Bimbingan Guru Pendidikan Agama Islam, Kecerdasan Emosional Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 19 Aug 2020 03:44
Last Modified: 19 Aug 2020 03:44
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/29571

Actions (login required)

View Item View Item