Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Strategi Komunikasi Virtual Akun Twitter @K_DramaIndo Dalam Menyebarkan Budaya Pop Korea di Indonesia

Putri Umilasari, - (2020) Strategi Komunikasi Virtual Akun Twitter @K_DramaIndo Dalam Menyebarkan Budaya Pop Korea di Indonesia. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text
GABUNGAN KECUALI BAB V.pdf

Download (4MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Nama : Putri Umilasari Program Studi : Ilmu Komunikasi Judul : Strategi Komunikasi Virtual Akun Twitter @K_DramaIndo Dalam Menyebarkan Budaya Pop Korea di Indonesia Strategi komunikasi virtual merupakan bagian penting dalam proses penyebaran budaya pop Korea di Indonesia. Penyebaran budaya pop Korea ini tidak lain karena adanya peranan media yang selalu memblow-up fenomena yang tengah menjadi tren. Akun twitter @K_DramaIndo hadir sebagai salah satu media untuk meyebarkan budaya pop Korea dengan membagikan infomasi tentang drama dan film Korea, dimana proses penyampaian dan penerimaan pesan dengan menggunakan ruang maya yang bersifat interaktif. Penyebaran pesan ini berupa informasi mengenai berita terkini ataupun hal-hal yang terupdate mengenai budaya pop Korea tidak hanya dengan tulisan, tetapi juga dilakukan dengan menggunakan gambar dan video. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Strategi Komunikasi Virtual Akun Twitter @K_DramaIndo dalam Menyebarkan Budaya Pop Korea di Indonesia. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori New Media dengan menggunakan konsep The Circular Model of SOME dengan metode analisis SWOT. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa akun twitter @K_DramaIndo melakukan komunikasi virtual memanfaatkan new media dengan menggunakan empat aspek yaitu share, optimize, manage, dan engage. Kemudian menerapkan strateginya dalam proses share yakni dengan membagikan konten berupa teks, video maupun foto menggunakan caption yang menarik. Dan proses optimize yaitu dengan memberikan informasi pada fitur bio akun untuk melakukan paid promote dan dukungan birthday project idola. Selanjutnya proses manage dari segi pengelolaan feedback yakni merespon komentar yang menarik dengan retweet, dan dalam proses engage yaitu dengan retweet with comment dan repost konten dari followers, serta melakukan games dan polling untuk drama Korea favorit ataupun aktor favorit. Kata kunci: Strategi, Komunikasi Virtual, Budaya Pop Korea, Twitter

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Komunikasi
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 19 Aug 2020 03:57
Last Modified: 19 Aug 2020 03:58
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/29542

Actions (login required)

View Item View Item