Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Efektivitas Konseling Gestalt dengan Teknik Kursi Kosong dalam Layanan Konseling Kelompok Untuk Meningkatkan Tanggung Jawab Belajar Siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Bukit Batu Kabupaten Bengkalis

SURTINI, - (2020) Efektivitas Konseling Gestalt dengan Teknik Kursi Kosong dalam Layanan Konseling Kelompok Untuk Meningkatkan Tanggung Jawab Belajar Siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Bukit Batu Kabupaten Bengkalis. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
SURTINI.pdf

Download (9MB)

Abstract

ABSTRAK Surtini, (2020): Efektivitas Konseling Gestalt dengan Teknik Kursi Kosong dalam Layanan Konseling Kelompok Untuk Meningkatkan Tanggung Jawab Belajar Siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Bukit Batu Kabupaten Bengkalis Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas konseling gestalt dengan teknik kursi kosong dalam layanan konseling kelompok untuk meningkatkan tanggung jawab belajar siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Bukit Batu Kabupaten Bengkalis. penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya tanggung jawab belajar siswa, mendeskripsikan apakah tanggung jawab belajar siswa sesudah diberikan konseling Gestal dengan teknik kursi kosong dalam layanan konseling kelompok efektif untuk meninggkatkan tanggung jawab belajar siswa SMAN 1 Bukit Batu Kabupaten Bengkalis . Penelitian ini dilakukan terhadap siswa kelas XI IIS SMAN 1 Bukit Batu Kabupaten Bengkalis tahun ajaran 2019/2020 dengan populasi sebanyak 89 siswa. Subjek penelitian adalah sebanyak 8 orang siswa yang merupakan penelitian sampel dengan mengambil dari populasi terendah sebagai subjek penelitian. Uji validitas menggunakan SPSS 21.0 for windows. Adapun untuk analisis data, peneliti menggunakan uji non-parametrik Wilcoxon. Hasil penelitian ini dapat di simpulkan bahwa tanggung jawab belajar siswa sebelum di berikan perlakuan konseling Gestal dengan teknik kursi kosong dalam layanan konseling kelompok berada di kategori sedang dengan rata-rata 71,87. Setelah diberikan perlakuan konseling Gestal dengan teknik kursi kosong dalam layanan konseling kelompok mengalami peningkatan yang tinggi yaitu berada pada rata-rata 93,00. Maka dapat dikatakan adanya perbedaan pre test dan post test dan dilihat dari analisis data bahwa thitung>ttabel 9,024>2,00 sehingga Ho ditolak. Meningkatnya tanggung jawab belajar siswa terjadi setelah subjek penelitian mengikuti 8 kali kegiatan layanan konseling kelompok dengan teknik kursi kosong. Hal ini membuktikan mereka berhasil meningkatkan tanggug jawab belajar. Jadi dapat disimpulkan bahwa konseling Gestalt dengan teknik kursi kosong efektif untuk meningkatkan tanggung jawab belajar siswa di SMAN 1 Bukit Batu Kabupaten Bengkalis. Kata Kunci: Konseling Gestalt, Teknik Kursi Kosong, Konseling Kelompok dan Tanggung Jawab Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 24 Aug 2020 04:36
Last Modified: 24 Aug 2020 04:37
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/29521

Actions (login required)

View Item View Item