Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Pengaruh Penerapan Strategi Metakognitif terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 8 Pekanbaru

NURCIA, - (2020) Pengaruh Penerapan Strategi Metakognitif terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 8 Pekanbaru. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGER SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (733kB)
[img] Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK NURCIA (2020): Pengaruh Penerapan Strategi Metakognitif terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 8 Pekanbaru Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan antara penerapan strategi metakognitif terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 8 Pekanbaru. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan Quasi Experiment dan desain the nonequivalent pretest-posttest control group desaign. Subjek dalam penelitian ini adalah guru ekonomi dan siswa kelas X IPS 1 dan X IPS 2, sedangkan objeknya adalah pengaruh penerapan strategi metakognitif terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas X IPS 1, X IPS 2, dan X IPS 3 jurusan ekonomi yang berjumlah 108 orang siswa, sedangkan sampelnya adalah kelas X IPS 1 (kelas eksperimen), dan kelas X IPS 2 (kelas kontrol) yang berjumlah 72 orang siswa dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi, sedangkan teknik analisa datanya adalah test “t”. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi (75,667) dibandingkan kelas kontrol (63,556). Berdasarkan analisis uji-t menunjukkan bahwa data akhir diperoleh nilai t >ttabel baik taraf signifikan (5,169) maupun (1,994) atau 5,169>1,994 sehingga H diterima dan H ditolak yang berarti adanya pengaruh yang signifikan antara pengaruh penerapan strategi metakognitif terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 8 Pekanbaru. Kontribusi pengaruh penggunaan penerapan strategi metakognitif terhadap hasil belajar siswa (posttest) pada mata pelajaran ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 8 Pekanbaru. Kata Kunci: Pengaruh, Penerapan Strategi Metakognitif, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum > 001 Ilmu Pengetahuan > 001.42 Metode Riset
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 19 Aug 2020 04:19
Last Modified: 19 Aug 2020 04:20
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/29507

Actions (login required)

View Item View Item