Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

IMPLEMENTASI AYAT-AYAT RUQYAH SEBAGAI PENGOBATAN PENYAKIT NON MEDIS DI SUBULUSSALAM KOTA PEKANBARU (Studi Living Qur’an)

VANYTRIHAZHIYAH, - (2020) IMPLEMENTASI AYAT-AYAT RUQYAH SEBAGAI PENGOBATAN PENYAKIT NON MEDIS DI SUBULUSSALAM KOTA PEKANBARU (Studi Living Qur’an). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
VANY.pdf

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini membahas mengenai implementasi ayat-ayat ruqyah sebagai pengobatan penyakit non medis di Subulussalam kota Pekanbaru (studi living qur’an). Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya dari masyarakat yang mengalami penyakit non medis seperti gangguan jin dan sihir. Kemudian para peruqyah menjadikan ayat-ayat al-Qur‟an sebagai terapi dalam pengobatannya, sehingga memberikan dampak terhadap pasien yang terkena penyakit non medis di Subulussalam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif yang mengungkapkan ayat-ayat al-Qur‟an serta dampaknya dalam kehidupan (Living Qur’an). Berdasarkan hasil penelitian saya dilapangan, saya berkesimpulan bahwa didalam pelaksanaan pengobatan penyakit non medis dengan menggunakan metode ruqyah syar’iyyah ditemukan berbagai macam tahapan, diantaranya seperti, tahap sebelum pengobatan, prosesi dan setelah pengobatan. Kemudian di Subulussalam ini terdapat penanganan khusus terhadap pasien setelah melakukan ruqyah syar’iyyah, yaitu memberikan solusi kepada pasien terhadap masalah yang ia hadapi, kemudian memberikan dorongan serta motivasi kepada pasien untuk menjadikan dirinya merubah kualitas kehidupan yang lebih baik. Sehingga pasien dapat lebih memahami intensitas pemahaman tentang Islam agar pasien dapat melakukan ruqyah secara mandiri. Pengobatan ruqyah syar’iyyah di Subulussalam ini merujuk kepada ruqyah yang sesuai dengan tuntunan syari‟at yaitu dengan metode terapi al-Qur‟an. Respon yang dialami pasien setelah dilakukannya ruqyah syar’iyyah ini merupakan bentuk dari upaya peruqyah dalam menerapkan berbagai macam tahap dalam proses pengobatan terhadap pasien. Sehingga pasien bisa merasakan langsung efek dan perubahan terhadap dirinya. Kata kunci: Ruqyah, Pengobatan, Non Medis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.1 Sumber-sumber Agama Islam, Kitab Suci Agama Islam > 297.1226 Tafsir Al-Qur'an, Ilmu Tafsir
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Ilmu Alqur'an dan Tafsir
Depositing User: fushu -
Date Deposited: 24 Aug 2020 03:08
Last Modified: 24 Aug 2020 03:09
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/29505

Actions (login required)

View Item View Item