Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

MODEL AKTIVITAS BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN FIKIH DALAM MENGEMBANGKAN KEAKTIFAN BERTANYA DI MADRASAH TSANAWIYAH AL-MUTTAQIN PEKANBARU

Nur Mala Nasution, - (2020) MODEL AKTIVITAS BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN FIKIH DALAM MENGEMBANGKAN KEAKTIFAN BERTANYA DI MADRASAH TSANAWIYAH AL-MUTTAQIN PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (760kB)
[img] Text
GABUNGAN .pdf

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Nur Mala Nasution, (2019): Model Aktivitas Belajar Siswa Mata Pelajaran Fikih dalam Mengembangkan Keaktifan Bertanya di Madrasah Tsanawiyah Al- Muttaqin Pekanbaru Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model aktivitas belajar siswa mata pelajaran Fikih dalam mengembangkan keaktifan bertanya.Subjek penelitian ini adalah guru Fikih Al-Muttaqin Pekanbaru.Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah model aktivitas belajar siswa mata pelajaran Fikih dalam mengembangkan keaktifan bertanya. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran Fikih. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi.Sedangkan teknik analisis datanya menggunakan Deskriptif Kuantitatif. Perhitungan data dilakukan secara manual yang diperoleh melalui observasi dan wawancara. Hasilnya untuk mendapatkan data apakah model aktivitas belajar siswa mata pelajaran Fikih berhasil dalam mengembangkan keaktifan bertanya. Berdasarkan analisis data di peroleh model aktivitas belajar siswa mata pelajaran Fikih dalam mengembangkan keaktifan bertanya di Madrasah Tsanawiyah Al-Muttaqin Pekanbaru di kategorikan BAIK dengan hasil observasil guru 75% berada pada rentang 61% sampai dengan 80% . Faktor- faktor internal yang mempengaruhi model aktivitas belajar siswa mata pelajaran Fikih dalam mengembangkan keaktifan bertanya di Madrasah Tsanawiyah Al-Muttaqin Pekanbaru meliputi faktor intelegensi siswa dan motivasi siswa. Faktor- faktor eksternal yang mempengaruhi model aktivitas belajar siswa mata pelajaran Fikih dalam mengembangkan keaktifan bertanya di Madrasah Tsanawiyah Al-Muttaqin Pekanbaru meliputi kemampuan guru dan ketersedian sumber dan media belajar. Kata Kunci: Model, Aktivitas Belajar, Mengembangkan, Kekatifan Bertanya

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 18 Aug 2020 02:59
Last Modified: 18 Aug 2020 02:59
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/29469

Actions (login required)

View Item View Item