Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN MEDIA FLASH CARD UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA MERANGKAI SUKU KATA PADA TEMA BENDA HEWAN DAN TANAMAN DI SEKITARKU SISWA KELAS 1 SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU DARUL HIKMAH PEKANBARU

MIRNAWATI, - (2020) PENERAPAN MEDIA FLASH CARD UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA MERANGKAI SUKU KATA PADA TEMA BENDA HEWAN DAN TANAMAN DI SEKITARKU SISWA KELAS 1 SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU DARUL HIKMAH PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text
GAB TANPA BAB IV.pdf

Download (16MB)
[img] Text (HASIL DAN PEMBAHASAN)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (872kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan membaca merangkai suku kata pada tema benda, hewan dan tanaman di sekitarku melalui penerapan media flash card siswa kelas I Sekolah Dasar Islam Terpadu Darul Hikmah Pekanbaru. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan membaca permulaan siswa. Hal ini terlihat dari gejala-gejala saat pembelajaran berlangsung, hanya sebagian kecil siswa dari seluruh siswa yang mampu membaca permulaan. Kurangnya kemampuan siswa dalam memvokalikasikan huruf. Hal ini ditunjukan oleh sedikitnya siswa tidak bisa melafalkan kata dasar dan membaca kalimat sederhana. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian ini adalah 1 orang guru dan 27 orang siswa. Objek dalam penelitian ini adalah penerapan media flash card dan Kemampuan membaca merangkai suku kata siswa. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus masingmasing siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, tes dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan cara deskriptif kualitatif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian dan analisa data, maka dapat disimpulkan bahwa media flash card dapat meningkatan kemampuan membaca merangkai suku kata siswa. Hal ini dapat diketahui sebelum tindakan kemampuan membaca merangkai suku kata siswa hanya mencapai 63,70% dengan kategori kurang mampu. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I kemampuan membaca merangkai suku kata Siswa Meningkat menjadi 68,88% dengan kategori kurang mampu. Sedangkan pada siklus II Kemampuan membaca merangkai suku kata Siswa mencapai 80,92% dengan kategori mampu. Dengan demikian, dapat disimpilkan bahwa penerapan media flash card dapat meningkatkan Kemampuan membaca merangkai suku kata pada tema benda, hewan dan tanaman di sekitarku siswa kelas I Sekolah Dasar Islam Terpadu Darul Hikmah Pekanbaru. Kata Kunci: Penerapan Media Flash Card, Kemampuan Membaca Permulaan Siswa, Tema Benda, Hewab dan Tanaman di Sekitarku

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 14 Aug 2020 02:53
Last Modified: 14 Aug 2020 02:54
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/29434

Actions (login required)

View Item View Item