Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PELAKSANAAN PROGRAM KEMITRAAN KEBUN KELAPA SAWIT ANTARA PT. MULTI ANUGERAH TATA ABADI DENGAN MASYARAKAT DESA SIALANG JAYA KABUPATEN INDRAGIRI HILIR

ERWIN NASHARYADI, - (2020) PELAKSANAAN PROGRAM KEMITRAAN KEBUN KELAPA SAWIT ANTARA PT. MULTI ANUGERAH TATA ABADI DENGAN MASYARAKAT DESA SIALANG JAYA KABUPATEN INDRAGIRI HILIR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
ERWIN NASHARYADI.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Judul penelitian ini adalah: “PELAKSANAAN PROGRAM KEMITRAAN KEBUN KELAPA SAWIT ANTARA PT. MULTI ANUGERAH TATA ABADI DENGAN MASYARAKAT DESA SIALANG JAYA KABUPATEN INDRAGIRI HILIR”. Dalam pelaksanaan program pembangunan kebun kelapa sawit pola kemitraan yang dilakukan oleh PT. Multi Anugerah Tata Abadi dengan masyarakat Desa Sialang Jaya Kabupaten Indragiri Hilir, yang dalam kesepakatan tersebut masyarakat menyediakan lahan dan yang membangun perkebunan tersebut adalah PT. Multi Anugerah Tata Abadi. Namun dalam pelaksanaannya pihak perusahaan tidak melaksanakan sesuai dengan yang telah disepakati. Oleh karena itu dengan kondisi lahan yang ada sekarang masyarakat merasa dirugikan oleh pihak perusahaan, karena lahan atau tanah yang sudah mereka serahkan tidak ada titik terangnya. Jenis penelitian ini adalah penelitian hukum sosiologis atau empiris yang diteliti pada awalnya adalah data sekunder, untuk kemudian dilanjutkan dengan penelitian terhadap data primer di lapangan, atau terhadap masyarakat. Dalam hal ini tentunya pihak-pihak yang berhubungan dengan pelaksanaan program kemitraan kebun kelapa sawit antara perusahaan dengan masyarakat. Sedangan dilihat dari sifatnya penelitian ini adalah bersifat deskriptif, artinya memberikan gambaran yang jelas mengenai pelaksanaan program kemitraan kebun kelapa sawit antara perusahaan dengan masyarakat. Dari hasil penelitian dapat diketahui, bahwa pelaksanaan program kemitraan kebun kelapa sawit antara PT. Multi Anugerah Tata Abadi dengan masyarakat Desa Sialang Jaya, didahului dengan kesepakatan antara kedua belah pihak, dan masyarakat selaku anggota koperasi menyerahkan lahannya kepada pihak perusahaan. Kemudian dilakukan pengukuran terhadap lahan tersebut, dan dengan penyerahan lahan maka pihak perusahaan mempunyai hak penuh terhadap lahan yang sudah diserahkan tersebut, dalam kesepakatan tersebut juga dituangkan beberapa kewajiban dan tangung jawab pemilik lahan, agar lahan tersebut tidak digunakan untuk hal-hal yang lain. Selanjutnya juga dicantumkan mengenai ketentuan produksi dan masa panen, namun hal ini tidak pernah terealisasi sampai penelitian ini dilakukan. Hambatan dalam dalam program kemitraan kebun kelapa sawit antara PT. Multi Anugerah Tata Abadi dengan masyarakat Desa Sialang Jaya, antara lain adalah bahwa ada bebarapa anggota koperasi yang mengambil alih kembali lahan yang sudah diserahkan kepada piha perusahaan dengan alasan sudah menunggu terlalu lama, di samping itu juga pihak perusahaan terkesan menelantarkan lahan yang sudah diserahkan tersebut. hambatan lain juga keterbatasan kemampuna perusahaan karena dampak dari penurunan ekonomi global dan nasional sehingga omzet perusahaan menurun, yang mengakibatkan tertundanya pembangunan kebun kelapa sawit tersebut. dari beberapa hambatan yang dihadapi tersebut sampai saat penelitian ini dilakukan belum ada penyelesaian yang jelas antara kedua belah pihak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 340 Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 24 Aug 2020 04:30
Last Modified: 24 Aug 2020 04:30
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/29418

Actions (login required)

View Item View Item