Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Bimbingan Agama dalam Meningkatkan Regulasi Diri Anak di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas II Pekanbaru

IVO RANTIKA, - (2020) Bimbingan Agama dalam Meningkatkan Regulasi Diri Anak di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas II Pekanbaru. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
IVO RANTIKA.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK NAMA : Ivo Rantika PRODI : Bimbingan Konseling Islam JUDUL : Bimbingan Agama dalam Meningkatkan Regulasi Diri Anak di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas II Pekanbaru Penelitian ini dilatar belakangi oleh pelaksanaan bimbingan agama dalam meningkatkan regulasi diri anak didik yang dilakukan oleh Pembimbing Agama dan peserta anak didik yang melakukan kegiatan agama. Pembimbing sangat berperan penting dalam membimbing anak didik dalam meningkatkan regulasi yang anak didik miliki agar tercapainya tujuan dan menjadi diri yang lebih baik lagi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan bimbingan agama dalam meningkatkan regulasi diri anak di lembaga pembinaan khusus anak (LPKA) kelas II Pekanbaru. Subjek dari penelitian ini adalah dua orang Pembimbing yang ada di LPKA dan tiga orang anak didik yang ikut serta dalam kegiatan bimbingan agama. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian diketahui bahwa pelaksanaan bimbingan agama meningkatkan regulasi diri anak didik meliputi: membiasakan disiplin sholat lima waktu, baca tulis Al-Qur’an, pengajian seperti: akidah, akhlak, dan ibadah. Metode yang digunakan yaitu seperti ceramah dan nasehat. Kegiatan bimbingan agama yang dilakukan sebagai sumber pegangan agama bagi anak didik. Anak didik yang aktif dalam mengikuti bimbingan agama dapat meningkatkan regulasi diri anak didik. Tetapi untuk anak didik yang tidak seberapa aktif dalam menikuti kegiatan bimbingan agama tidak sepenuhnya bisa seperti anak didik yang aktif. Kata Kunci: Bimbingan Agama, Regulasi Diri

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Komunikasi
300 Ilmu Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 14 Aug 2020 02:06
Last Modified: 14 Aug 2020 02:07
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/29412

Actions (login required)

View Item View Item