Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Efektivitas Pembelajaran Berbasis Proyek Berbantuan Laboratorium Virtual Terhadap Kreativitas Siswa Pada Materi Titrasi Asam Basa

ROPIKO RADIATUL ADAWIYAH, - (2020) Efektivitas Pembelajaran Berbasis Proyek Berbantuan Laboratorium Virtual Terhadap Kreativitas Siswa Pada Materi Titrasi Asam Basa. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (611kB)
[img] Text
ROPIKO.pdf

Download (11MB)

Abstract

ABSTRAK Ropiko Radiatul Adawiyah, (2020): Efektivitas Pembelajaran Berbasis Proyek Berbantuan Laboratorium Virtual Terhadap Kreativitas Siswa Pada Materi Titrasi Asam Basa Kreativitas peserta didik dalam kegiatan belajar yang dilakukan di laboratorium sangat butuh ditingkatkan guna meningkatkan kualitas siswa dan pembelajaran kimia. Penelitian ini bertujuan untuk melihat efektivitas pembelajaran berbasis proyek berbantuan laboratorium virtual terhadap kreativitas siswa pada materi titrasi asam basa kelas XI-MIA MAN 1 Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian quasy eksperimen dengan rancangan the nonequivalent posttest-only control group. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI-MIA tahun ajaran 2019/2020 dengan menggunakan teknik pengambilan sampel secara simple random sampling maka diperoleh 2 kelas sampel yaitu XI-MIA 1 (kelas eksperimen) dan XI-MIA 2 (kelas kontrol). Data penelitian dikumpulkan melalui lembar observasi kreativitas pelaksanaan proyek, angket kreativitas, dan wawancara. Untuk mengetahui efektivitas pembelajaran berbasis proyek berbantuan laboratorium virtual terhadap kreativitas siswa dianalisis menggunakan uji independent sample t-test dengan bantuan SPSS 23. Hasil observasi kreativitas pelaksanaan proyek diperoleh nilai thitung = 3,847 dan ttabel = 1,668 pada taraf signifikan 5%. Hasil informasi kreativitas peserta didik diperoleh nilai thitung = 6,948 dan ttabel = 1,668 pada taraf siginifikan 5%. Nilai thitung > ttabel, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima yang berarti menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis proyek berbantuan laboratorium virtual efektif digunakan untuk meningkatkan kreativitas siswa pada materi titrasi asam basa pada kelas XI-MIA MAN 1 Pekanbaru. Dibutuhkan lebih banyak desain laboratorium virtual guna membantu kegiatan praktikum dalam meningkatkan kualitas pembelajaran kimia. Kata kunci : Efektivitas, Pembelajaran Berbasis Proyek, Laboratorium Virtual, dan Kreativitas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 14 Aug 2020 02:55
Last Modified: 14 Aug 2020 02:56
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/29405

Actions (login required)

View Item View Item