ANALISIS PENGUKURAN KINERJA RUMAH SAKIT UMUM DAERAH (RSUD) BANGKINANG DENGAN PENDEKATAN BALANCE SCORE CARD

Reski Saputra, - (2020) ANALISIS PENGUKURAN KINERJA RUMAH SAKIT UMUM DAERAH (RSUD) BANGKINANG DENGAN PENDEKATAN BALANCE SCORE CARD. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (965kB)

Abstract

ANALISIS PENGUKURAN KINERJA RUMAH SAKIT UMUM DAERAH (RSUD) BANGKINANG DENGAN PENDEKATAN BALANCE SCORE CARD ABSTRAK Pengukuran kinerja perusahaan tidak lagi dianggap baik jika hanya dilihat dari sisi keuangan saja karena dianggap tidak mampu mencerminkan kompleksitas dan nilai yang melekat dalam perusahaan.Robert S. Kaplan dan David P. Norton untuk merancang suatu sistem pengukuran kinerja yang lebih komprehensif yang disebut dengan Balanced Scorecard.Dimana sistem pengukuran ini menyediakan tujuan-tujuan strategis organisasi ke dalam seperangkat tolak ukur kinerja yang saling berhubungan.Balanced Scorecard tidak hanya memperhatikan kinerja finansial saja, tetapi juga kinerja non finansial.Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat keefektifan penerapan metode Balanced Scorecard sebagai metode pengukuran kinerja pada RSUD Bangkinang Jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus pada RSUD Bangkinang.Studi kasus merupakan penelitian yang rinci terhadap objek tertentu selama kurun waktu tertentu.Hasil penelitian ini adalah Penerapan Balance Score Card pada RSUD Bangkinang Provinsi Riau telah dilaksanakan dengan baik berdasarkan syarat dan ketentuan penggunaan Balance Score Card untuk pengukuran suatu kinerja. Kinerja RSUD Bangkinang Provinsi Riau dengan menggunakan Balance Score Card dengn perolehan masing- masing perepektif yaitu pada perspektif keuangan secara keseluruhan maka perspektif keuangan di RSUD Bangkinang Provinsi Riau memperoleh skor 65.45% yang berarti baik (favorable). Berdasarkan penilaian persepsi variabel, tingkat akuisisi pelanggan.Tingkat dimana RSUD Bangkinang Provinsi Riau mampu menarik pelanggan baru adalah cukup baik. Menurut kritaria penilaian kinerja dengan metode perhitungan kinerja proses inovasi mendapatkan skor sebesar 5,88 yang menunjukkan peniaian yang baik. kriteria diatas menunjukkan bahwa pada tingkat operasional yang ada di RSUD Bangkinang Provinsi Riau mempunyai kinerja operasional yang baik. Hasil pengukuran kinerja perspektif pertumbuhan dan permbelajaran RSUD Bangkinang Provinsi Riau dengan menggunakan indikator kapabilitsas pekerja dan kepuasan pelanggan memperoleh skor 2,93. Pengukuran kinerjaRSUD Bangkinang Provinsi Riau dengan menggunakan Balance Scorecard mendapat nilai “Baik “. Kata kunci :Pengukuran kinerja, Balance Scorecard, keuangan, akuisisi pelanggan pertumbuhan dan permbelajaran, kepuasan pelanggan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650 Bisnis > 657 Akuntansi
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Akuntansi
Depositing User: fekon -
Date Deposited: 14 Aug 2020 01:45
Last Modified: 14 Aug 2020 01:45
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/29368

Actions (login required)

View Item View Item