STANDAR PELAYANAN SYARIAH PADA BANK WAKAF MIKRO SYARIAH FAJAR PELITA HARAPAN CABANG PERAWANG

KHAIRIAH ALFIANDRI, - (2020) STANDAR PELAYANAN SYARIAH PADA BANK WAKAF MIKRO SYARIAH FAJAR PELITA HARAPAN CABANG PERAWANG. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text
HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (376kB)
[img] Text
FILE TA GABUNG.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Khairiah Alfiandri (2020) : Standar Pelayanan Syariah pada Bank Wakaf Mikro Syariah Fajar Pelita Harapan Cabang Perawang Penelitian ini dilatar belakangi oleh perkembangan lembaga keuangan bank khususnya bank umum syariah yang berdampak pada lembaga keuangan lain baik LKB maupun LKnB khususnya pada bagian pelayanan. Bank Wakaf Mikro Syariah Fajar Pelita Harapan Cabang Perawang merupakan salah satu bentuk dari koperasi syariah yang juga menerapkan standard pelayanan syariah. Penulisan tugas akhir ini bertujuan untuk mengetahui standard pelayanan syariah yang diterapkan oleh Bank Wakaf Mikro Syariah Fajar Pelita Harapan Cabang Perawang. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), dilakukan di Bank Wakaf Mikro Syariah Fajar Pelita Harapan Cabang Perawang. Subyek dalam penelitian ini adalah Pimpinan, karyawan dan nasabah Bank Wakaf Mikro Syariah Fajar Pelita Harapan Cabang Perawang, sedangkan obyeknya adalah Standar Pelayanan Syariah pada Bank Wakaf Mikro Syariah Fajar Pelita Harapan Cabang Perawang. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 1304 orang, sedangkan sampelnya berjumlah 31 orang. Dalam pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, kuisoner, dan studi kepustakaan. Analisisnya menggunakan metode deskriptif, sedangkan teknik penulisannya menggunakan teknik induktif dan deskriptif. Hasil penelitian ini adalah Bank Wakaf Mikro Syariah Fajar Pelita Harapan Cabang Perawang telah menerapkan etika khusus yang dimiliki yaitu memberikan pengetahuan kepada nasabah tentang jenis-jenis transaksi yang diperbolehkan daqlam islam. Selain itu, untuk menunjang pertumbuhan jumlah nasabah faktor-faktor eksternal juga harus diperhatikan seperti penyediaan ruang tunggu bagi nasabah yang ingin mengajukan pembiayaan dan ketersediaan alat tulis. Karyawan harus bersikap optimis dan selalu ingin membantu keperluan nasabah. Selain itu, dalam bertutur kata seorang karyawan harus selalu berkata jujur dalam segala tindakan, memiliki sopan santun dan menyampaikan dengan lemah lembut serta bertanggung jawab atas pekerjaan yang telah dilakukan. Kata Kunci : Standar Pelayanan, Etika Pelayanan, Bank Wakaf Mikro Syariah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 330 Ilmu Ekonomi > 332.1 Bank, Perbankan
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Perbankan Syari'ah
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 14 Aug 2020 02:19
Last Modified: 14 Aug 2020 02:20
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/29367

Actions (login required)

View Item View Item