Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGUKURAN KEKUATAN ISLAMIC BRANDING PADA INDUSTRI HALAL RITEL DI KOTA PEKANBARU (Studi Kasus: Muslim Madani Mart)

PUTERI HIDAYATI KARIMA, - (2020) PENGUKURAN KEKUATAN ISLAMIC BRANDING PADA INDUSTRI HALAL RITEL DI KOTA PEKANBARU (Studi Kasus: Muslim Madani Mart). Skripsi thesis, UNUVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text
HASIL PENELITIAN (BAB 1 2 3 5 6).pdf

Download (4MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (776kB)

Abstract

Pengukuran Kekuatan Islamic Branding pada Industri Halal Ritel di Kota Pekanbaru (Studi Kasus: Muslim Madani Mart) Ismu Kusumanto ST, MT 1, Anwardi ST, MT2, Puteri Hidayati Karima3 1, 2 Dosen Teknik Industri Fakultas Sains dan Teknologi, UIN Sultan Syarif Kasim Riau 3 Mahasiswa Jurusan Teknik Industri, Fakultas Sains dan Teknologi, UIN Sultan Syarif Kasim Riau Jl. HR. Soebrantas No. 155 Simpang Baru, Panam, Pekanbaru, 28293 1, 2Email: ismukusumanto33@gmail.com, anwardi@uin-suska.ac.id 3Email: puterikarima97@gmail.com, ABSTRAK Ada berbagai jenis bisnis ritel atau eceran di Indonesia diantaranya adalah dalam bentuk minimarket (Alfamart dan Indomaret) dan dalam bentuk supermarket besar (Hypermart dan Carrefour) dan lain sebagainya. Selain itu masih banyak bisnis ritel lain yang berkembang, khususnya bisnis ritel yang memiliki sebuah ideology khusus dalam bisnisnya. Salah satu starategi yang mereka terapkan adalah Strategi Islamic Branding, yaitu menggunakan identitas islam dalam pemasaran produk mereka. Islamic branding adalah salah strategi pemasaran yang digunakan oleh para pemilik ritel muslim dimana terdapat ketentuan syari’ah dan berlandaskan iman, serta semua kegiatan yang dilaksanakan bersifat lillahita’ala. Salah satu ritel modern berbasis syari’ah adalah Muslim Madani Mart yang baru dibuka pada tahun 2018 yang lalu di kota Pekanbaru. Dari hasil survey yang dilakukan, dinyatakan bahwa konsumen yang ada disekitar wilayah Muslim Madani Mart, belum sepenuhnya mengenal dan mengetahui konsep Islamic Branding dari Muslim Madani Mart itu sendiri. Dari sini kita bisa melihat bahwa ritel yang berbasis syariah belum mampu untuk menarik pelanggan yang paling potensial. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk mencari informasi dan mengukur seberapa besar pengaruh staratgi Islamic branding ini terhadap ritel Muslim Madani Mart sehingga bisa bersaing dengan para ritel lainnya yang ada di Pekanbaru yang sesuai dengan prinsip yang dipakai oleh perusahaan ini serta melihat persepsi konsumen terhadap staratgi Islamic branding ini pada ritel Muslim Madani Mart. Penelitian ini menggunkan metode regresi linear berganda dan analisis factor, dimana yang pertama didapat hasil penelitian yang menunjukan kolerasi yang kuat yang menjelaskan bahwa besarnya pengaruh Islamic Branding terhadap keputusan konsumen Adapun nilai determinasi yang diperoleh sebesar 8.6% yang memiliki pengaruh kontribusi terhadap keputusan konsumen pada sebuah produk dan sebesar 91.4% keputusan konsumen dipengaruhi oleh faktor-faktor lain. Dan untuk analisis factor didapat hasil PCT of Varians paling tinggi yaitu 30.912%, dimana dalam cakupan variabel-variabel yang ada brand image merupakan variabel yang paling berpengaruh yang dapat memberikan strategi untuk peningkatan jumlah kualitas pemasaran agar dapat meningkatkan minat beli pelanggan yang berbelanja di Muslim Madani Mart. Sehingga didapat kesimpulan bahwa untuk variabel brand image, menentukan bagaimana tingkat pengukuran islamic branding pada Muslim Madani Mart. Kata Kunci: Strategi, Brand, Islamic Branding, Konsumen, Regresi Linear Berganda, Analisis Faktor

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 620 Ilmu Teknik
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 14 Aug 2020 02:16
Last Modified: 14 Aug 2020 02:17
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/29360

Actions (login required)

View Item View Item