Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Perbandingan Pembelajaran Berbasis Multimedia Komputer dan Android Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Materi Asam dan Basa

Milanda Putri, - (2020) Perbandingan Pembelajaran Berbasis Multimedia Komputer dan Android Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Materi Asam dan Basa. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)
[img] Text
MILANDA PUTRI.pdf

Download (12MB)

Abstract

ABSTRAK Milanda Putri (2020) : Perbandingan Pembelajaran Berbasis Multimedia Komputer dan Android Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Materi Asam dan Basa Penelitian ini dilatar belakangi oleh tingginya pengaruh teknologi terhadap minat belajar peserta didik, sehingga membutuhkan pemilihan perangkat teknologi yang tepat untuk digunakan. Tujuan penelitian ini untuk membandingkan minat belajar peserta didik dengan dukungan multimedia komputer dan android. Penelitian ini menggunakan desain quasi eksperimen dengan rancangan posttest only, non-equivalent control group design. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPA dengan jumlah sampel 2 kelas yaitu XI IPA 3 (eksperimen I) yang diperlakukan dengan multimedia komputer dan kelas XI IPA 1 (eksperimen II) yang diperlakukan dengan multimedia android. Data penelitian ini dikumpulkan melalui wawancara dengan guru, tes data awal yaitu tes homogenitas dan tes data akhir angket minat belajar, wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil analisis persentase angket minat belajar kelas ekpserimen I sebesar 73,88% dengan kategori tinggi dan kelas eksperimen II sebesar 81,19% dengan kategori sangat tinggi. Untuk melihat apakah terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen I dan kelas eksperimen II dilakukan dengan uji independent test-t dan diperoleh nilai ttabel ˂ thitung yaitu 1,667 ˂ 3,480 dan sig(2-tailed) sebesar 0,001 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima yang menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan antara minat belajar kimia peserta didik yang diperlakukan dengan multimedia berbasis komputer dan multimedia berbasis android pada pembelajaran kimia kelas XI IPA materi asam basa. Oleh karena itu, pembelajaran berbasis android dapat dikembangkan dalam proses pembelajaran guna mendukung minat belajar kimia peserta didik. Kata Kunci: Multimedia, Komputer, Android, Minat Belajar, Asam Basa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 14 Aug 2020 01:38
Last Modified: 14 Aug 2020 01:38
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/29304

Actions (login required)

View Item View Item