Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

UPAYA GURU PEMBIMBING DALAM MENINGKATKAN PERKEMBANGAN MORAL SISWA DI SMKN 1 BANDAR SEI KIJANG PELALAWAN

SUNARTI (2013) UPAYA GURU PEMBIMBING DALAM MENINGKATKAN PERKEMBANGAN MORAL SISWA DI SMKN 1 BANDAR SEI KIJANG PELALAWAN. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_201344BPI.pdf

Download (253kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh Permasalahan moral yang dihadapi oleh setiap manusia tidak hanya ketika sudah dewasa, tetapi juga sudah muncul ketika berusia remaja. Dari waktu ke waktu, permasalahan moral di kalangan remaja cenderung semakin meningkat baik secara kualitatif maupun kuantitatif. Oleh karena itu setiap hidup manusia memerlukan bimbingan dalam pengembangan diri, sikap, perkembangan moral yang baik dan kebiasaan menguasai pengetahuan. Penelitian ini dilaksanakan di SMKN 1 Bandar Sei Kijang yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana upaya guru pembimbing dalam meningkatkan perkembangan moral siswa di SMKN 1 Bandar Sei Kijang. Subjek dalam penelitian ini adalah guru pembimbing 1 orang dan siswa 4 orang. Sedangkan objek penelitian ini adalah upaya guru pembimbing dalam meningkatkan perkembangan moral siswa di SMKN 1 Bandar Sei Kijang. Populasi dalam penelitian ini adalah guru pembimbing 1 orang dan siswa SMKN 1 Bandar Sei Kijang, karena jumlah siswa banyak maka penulis mengambil sampel siswa 4 orang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah teknik proposive samplingyiatu berdasarkan tujuan dan teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan data-data yang telah disajikan dan dianalisa, maka dapatlah kesimpulan bahwa upaya guru pembimbing dalam meningkatkan perkembangan moral siswa di SMKN 1 Bandar Sei Kijang dikatakan “Kurang Optimal”hal ini dapat dilihat bahwa guru pembimbing belum sepenuhnya aktif dalam meningkatkan perkembangan moral siswa hal ini disebabkan oleh beberapa faktor hambatan yaitu waktunya yang kurang dalam meningkatkan perkembangan moral, guru pembimbing terlalu sibuk dengan tugas lain soalnya guru pembimbing juga sebagai bendahara serta guru agama dan sarana prasarana tidak lengkap sehingga upaya guru pembimbing kurang optimal dalam meningkatkan perkembangan moral siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: Surya Elhadi
Date Deposited: 20 May 2016 03:36
Last Modified: 09 Sep 2016 04:53
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/2929

Actions (login required)

View Item View Item