Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA STRIP STORY TERHADAP EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN AL-QUR’AN HADIS DI KELAS VIII MADRASAH TSANAWIYAH DAREL HIKMAH PEKANBARU

HELDI FIRMA, - (2020) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA STRIP STORY TERHADAP EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN AL-QUR’AN HADIS DI KELAS VIII MADRASAH TSANAWIYAH DAREL HIKMAH PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
GABUNGAN.pdf

Download (13MB)

Abstract

ABSTRAK Heldi Firma, (2020): Pengaruh Penggunaan Media Strip Story terhadap Efektivitas Pembelajaran Al-Qur'an Hadis di Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Darel Hikmah Pekanbaru. Penelitian ini terdiri dari dua variabel, yaitu penggunaan media strip story sebagai variabel X (variabel bebas/independen) dan efektivitas pembelajaran alQur'an Hadis sebagai variabel Y (variabel terikat/dependen). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan penggunaan media strip story terhadap efektivitas pembelajaran al-Qur'an Hadis di Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Darel Hikmah Pekanbaru. Subjek penelitian ini adalah siswa Madrasah Tsanawiyah Darel Hikmah Pekanbaru sedangkan objeknya adalah penggunaan media strip story terhadap efektivitas pembelajaran al-Qur'an Hadis di Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Darel Hikmah Pekanbaru. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di Madrasah Tsanawiyah Darel Hikmah Pekanbaru yang berjumlah 245. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII A2 dan VIII A3 yang berjumlah 61 orang. Teknik pengambilan sampel data menggunakan teknik sampling proporsional. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket, tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis datanya menggunakan kolerasi product moment dengan bantuan SPSS ver. 23 for windows. Berdasarkan pengolahan data terdapat pengaruh yang signifikan, dengan perolehan indeks 0,398 pada taraf signifikan 5% = 0,252 maupun pada taraf signifikan 1% = 0,327. Ini berarti r hitung lebih besar dari r tabel yang dapat digambarkan sebagai berikut 0,252 <0,398> 0,327. Dengan demikian H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini berarti bahwa ada pengaruh yang signifikan penggunaan media strip story terhadap efektivitas pembelajaran al-Qur'an Hadis di kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Darel Hikmah Pekanbaru. Kata Kunci: Penggunaan Media Strip Story, Efektivitas Pembelajaran AlQur'an Hadis

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 12 Aug 2020 01:36
Last Modified: 12 Aug 2020 01:38
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/29281

Actions (login required)

View Item View Item