Ilham Rahmadhani, - (2020) KLASIFIKASI KELUHAN TERHADAP JASA EKSPEDISI BARANG JNE MENGGUNAKAN K-NEAREST NEIGHBOR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
Text
FULL BAB KECUALI BAB IV DAN V.pdf Download (5MB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV DAN V.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
P.T. Tiki Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) merupakan P.T. yang melakukan kegiatan usaha di bidang jasa ekspedisi barang. Tahun 2017 JNE menjadi salah satu penyedia layanan pengiriman barang yang paling banyak dikeluhkan pelanggan saat Harbolnas sebesar 59% dengan keluhan terbanyak berupa barang belum diterima. JNE memiliki akun dengan username @JNECare khusus melayani pelanggan yang ingin bertanya dan menyampaikan keluhan melalui Twitter. Keluhan yang sering disampaikan pelanggan dengan cara mention ke @JNECare adalah keterlambatan paket, ketidaksesuaian tarif, aplikasi pengecekan status paket error, status paket pada aplikasi pengecekan resi berstatus telah diterima namun penerima belum menerimanya. Selain itu keluhan lainnya adalah paket diterima dalam keadaan rusak, dan status paket pada pengecekan resi tidak ada perubahan. Metode yang digunakan untuk mengklasifikasi jenis keluhan adalah K-Nearest Neighbor (KNN). Data yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 10172 data berasal dari tweet-tweet yang mengandung mention pada akun @JNECare. Output penelitian ini adalah nilai akurasi tertinggi dan terendah yang dihasilkan oleh metode KNN dalam mengklasifikasi keluhan terhadap jasa ekspedisi barang JNE. Pada proses pengujian, nilai rata-rata akurasi tertinggi sebesar 74.19% dengan nilai k=15 dan nilai rata-rata akurasi terendah sebesar 68.49% dengan nilai k=1.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum > 004 Pemrosesan Data, Ilmu Komputer, Teknik Informatika 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 620 Ilmu Teknik 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Informatika |
Depositing User: | fsains - |
Date Deposited: | 12 Aug 2020 01:49 |
Last Modified: | 12 Aug 2020 01:49 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/29263 |
Actions (login required)
View Item |