Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Pelaksanaan Bantuan Peningkatan Keterampilan Dalam Meningkatkan Taraf Ekonomi Masyarakat di Desa Lereng Merangin Kecamatan Kuok Kabupaten Kampar Menurut Ekonomi Syariah.

Riska Agustin, - (2020) Pelaksanaan Bantuan Peningkatan Keterampilan Dalam Meningkatkan Taraf Ekonomi Masyarakat di Desa Lereng Merangin Kecamatan Kuok Kabupaten Kampar Menurut Ekonomi Syariah. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
bab iv.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (636kB)
[img] Text
gabungan keculi bab iv.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Riska Agustin(2020): Pelaksanaan Bantuan Peningkatan Keterampilan Dalam Meningkatkan Taraf Ekonomi Masyarakat di Desa Lereng Merangin Kecamatan Kuok Kabupaten Kampar Menurut Ekonomi Syariah. Pemberdayaan adalah pemberi energi agar yang bersangkutan mampu untuk bergerak secara mandiri, dengan tujuan akhirnya adalah memandirikan masyarakat, dan membangun kemampuan untuk memajukan diri kearah kehidupan yang lebih baik secara berkesinambungan.Lokasi penelitian ini ialah di Desa Lereng Merangin Kecamatan Kuok Kabupaten Kampar. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data pada penelitian ini adalahdeskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini ialah Kepala Desa, pelaksana keterampilan dan penerima bantuan peningkatan keterampilan. Sedangkan yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah pelaksanaan bantuan peningaktan keterampilan dalam meningkatkjan taraf ekonomi masyarakat. Selanjutnya populasi dalam penelitian ini adalah sebanyak 6 orang, sedangkan yang menjadi sampel keseluruhan dari jumlah populasi dengan menggunakan teknik total sampling. Adapun hasil penelitian adalah sebagai berikut: Pertama, Pelaksanaan bantuan peningkatan keterampilan yang dilakukan oleh pemerintah Desa Lereng Merangin Kecamatan Kuok Kabupaten Kamparsudah terlaksana dengan baik yang dapat dilihat pada indikator persiapan, pelaksanaan dan evaluasi. Kemudian pelaksanaan peningkatan keterampilan yang dilakukan oleh pemerintah Desa Lereng Merangin Kecamatan Kuok Kabupaten Kampar mampu meningkatkan taraf ekonomi masyarakat, pada aspek: penambahan pendapatan, membuka lapangan kerja, dan meningkatkan program ekonomi rakyat. Kedua, Pelaksanaan bantuan peningkatan keterampilan yang dilakukan oleh pemerintah Desa Lereng Merangin Kecamatan Kuok Kabupaten Kampar sesuai dengan prinsip utama dalam Islam dalam upaya pengentasan kemiskinan. Selain itu Upaya organisasi masyarakat dalam bantuan peningkatan keterampilan yang dilakukan oleh pemerintah Desa Lereng Merangin Kecamatan Kuok Kabupaten Kampardalam mengurangi tingkat kemiskinan pada masyarakat dengan melalui peningkatan keterampilan merupakan wujud dari upaya memberikan perhatian,pembelaan dan perlindungan terhadap kelompok miskin.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 12 Aug 2020 02:17
Last Modified: 12 Aug 2020 02:17
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/29254

Actions (login required)

View Item View Item