PENGARUH PEMBELAJARAN PENDEKATAN SAINTIFIK DAN VARIASI GAYA MENGAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI SE-KECAMATAN MARPOYAN DAMAI KOTA PEKANBARU

MUHAMMAD LUKMAN, - (2020) PENGARUH PEMBELAJARAN PENDEKATAN SAINTIFIK DAN VARIASI GAYA MENGAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI SE-KECAMATAN MARPOYAN DAMAI KOTA PEKANBARU. Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text
TESIS MUHAMMAD LUKMAN OK.pdf

Download (12MB)
[img] Text (BAB IV)
19. BAB IV MUHAMMAD LUKMAN OK.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat Pengaruh Pembelajaran Pendekatan Saintifik dan Variasi Gaya Mengajar terhadap Morivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri SeKecamatan Marpoyan Damai Kota Pekanbaru. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasi dengan pendekatan kuantitatif. Teknik sampel menggunakan random sampling. Teknik analisasis data menggunakan analisis regresi sederhana, regresi berganda dan koofisien determinasi R . Hasil penelitian, Pertama, terdapat pengaruh yang signifikan pembelajaran pendekatan saintifik terhadap motivasi belajar siswa pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri se- Kecamatan Marpoyan Damai Kota Pekanbaru dengan tingkat pengaruhnya 0,279 dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05. Kedua, terdapat pengaruh yang signifikan variasi gaya mengajar terhadap motivasi belajar siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri se- Kecamatan Marpoyan Damai Kota Pekanbaru dengan tingkat pengaruhnya 0,226 dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05. Ketiga, terdapat pengaruh yang signifikan pembelajaran pendekatan saintifik dan variasi gaya mengajar terhadap motivasi belajar siswa dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05 dengan persentase angka R 2 (R square) sebesar 0,090 atau (9%). Hal ini menunjukkan bahwa persentase sumbangan pengaruh variabel independen pembelajaran pendekatan saintifik dan variasi gaya mengajar terhadap variabel dependen motivasi belajar siswa sebesar 9%. Sedangkan sisanya sebesar 91% dipengaruhi oleh variabel lain. 2

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: pps -
Date Deposited: 11 Aug 2020 03:53
Last Modified: 11 Aug 2020 03:53
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/29245

Actions (login required)

View Item View Item