Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

KARAKTERISASI MORFOLOGI DAN KUALITAS BUAH TANAMAN NANAS (Ananas comosus (L.) Merr.) LOKAL DI KABUPATEN SIAK

IRA SUNDARI, - (2020) KARAKTERISASI MORFOLOGI DAN KUALITAS BUAH TANAMAN NANAS (Ananas comosus (L.) Merr.) LOKAL DI KABUPATEN SIAK. Skripsi thesis, UIN SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf

Download (941kB)
[img] Text
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (610kB)

Abstract

Kabupaten Siak merupakan salah satu daerah sentra produksi nenas di Provinsi Riau. Nenas yang diproduksi di Kabupaten Siak merupakan nenas Lokal yang telah dibudidayakan secara turun temurun. Penelitian ini bertujuan melakukan karakterisasi morfologi dan kualitas buah Nanas di Kabupaten Siak. Penelitian ini telah dilaksanakan pada April 2019 di Kecamatan Sungai Apit Kabupaten Siak dan di Laboratorium Reproduksi dan Pemuliaan. Pengamatan karakter kualitatif dan kuantitatif dilakukan mengikuti Descriptors for Pineapple yang dikeluarkan oleh International Board for Plant Genetic Resources. Penelitian disusun menggunakan rancangan acak lengkap yang terdiri dari 4 desa sebagai perlakuan yaitu Desa Tanjung Layang, Desa Teluk Batil, Desa Tanjung Kuras, dan Desa Lalang. Masing-masing desa diamati 1 kebun petani dengan 15 tanaman yang diambil secara acak sebagai sample. Parameter yang diamati meliputi karakter kualitatif, karakter kuantitatif dan kualitas buah. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan pada karaker kualitatif dan karakter kuantitaif yang diamati, tetapi tidak terdapat perbedaan signifikan terhadap kualitas buah. Dari keempat lokasi yang diamati, Desa Tanjung Layang dan Desa Lalang memiliki karakter buah terbaik yaitu bobot buah tanpa mahkota, bobot buah dengan mahkota, panjang buah dan diameter buah. Kata kunci: karakterisasi, morfologi, nanas, Siak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 630 Usaha Tani, Pertanian, Teknologi Pertanian > 630.7 Pendidikan Pertanian, Riset Penelitian Pertanian
Divisions: Fakultas Pertanian dan Peternakan > Agroteknologi
Depositing User: fapertapet -
Date Deposited: 11 Aug 2020 02:53
Last Modified: 11 Aug 2020 03:15
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/29226

Actions (login required)

View Item View Item