PERSEPSI SISWA TERHADAP KINERJA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DI SMAN 1 BATU BERSURAT KELAS XI IPS 1 KECAMATAN XIII KOTO KAMPAR

DARMAWITA, (2013) PERSEPSI SISWA TERHADAP KINERJA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DI SMAN 1 BATU BERSURAT KELAS XI IPS 1 KECAMATAN XIII KOTO KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_201313BPI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Keberadaan Guru Bimbingan dan Konseling di sekolah belum dimanfaatkan secara optimal oleh siswa. Hampir semua siswa yang datang kepada guru Bimbingan dan Konseling dikarenakan menerima panggilan, berkelahi dan jarang datang untuk mengungkapkan masalah atau kesulitan atas kemauan atau keinginan sendiri. Bahkan masih terdapat siswa yang menganggap Guru Bimbingan dan Konseling di sekolah cenderung lebih berfungsi sebagai penghukum, polisi sekolah, dan pengisi jam kosong. Kunci dalam memahami persepsi siswa adalah terletak pada pengenalan, bahwa persepsi merupakan suatu penafsiran yang unik terhadap situasi dan bukan suatu pencatatan yang benar terhadap situasi. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana persepsi siswa terhadap kinerja Guru Bimbingan dan Konseling, dan apa saja faktor yang mempengaruhi persepsi siswa terhadap kinerja Guru Bimbingan dan Konseling tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetauhi sejauh mana Persepsi Siswa Terhadap Kinerja GuruBimbingan dan Konseling di SMAN 1 Batu Bersurat Kelas XI IPS 1 Kecamatan XIII Koto Kampar dan apa saja faktor yang mempengaruhi persepsi siswa terhadap kinerja Guru Bimbingan dan Konseling. Kegunaan penelitian ini adalah sebagai masukan dan informasi bagi pihak sekolah atau Guru Bimbingan dan Konseling tentang pentingnya kinerja Guru Bimbingan dan Konseling dan juga sangat berguna bagi penulis sebagai salah satu syarat untuk mencapai gelar sarjana S1. Adapun teknik yang digunakan dalam penarikan sampel adalah teknik cluster random sampling yakni teknik pengambilan sampel dimana pemilihan mengacu pada kelompok bukan pada individu yaitu siswa kelas XI IPS 1 sebanyak 30 orang dan dikarenakan peneliti menginginkan semua sampel yang diteliti sesuai dengan persyaratan yang peneliti cari atau butuhkan diantaranyaSeringnya dilakukan Bimbingan dan Konseling disatu kelasdanadanya banyak masalah yang dihadapi Guru Bimbingan dan Konseling di kelas tertentu, dengan teknik pengumpulan data secara angket, wawancara dan observasi. Teknik analisa data penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan persentase yaitu menganalisa data dengan menggunakan angka-angka dan tabel dan selanjutnya dianalisis dengan menggunakan rumus P= x 100 %. Berdasarkan dari hasil persentase dapat disimpulkan Persepsi Siswa Terhadap Kinerja Guru Bimbingan dan Konseling di SMAN 1 Batu Bersurat kelas XI ips 1 Kecamatan XIIIKoto Kampar adalah “Baik”dengan persentase 89, 60 %.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: Surya Elhadi
Date Deposited: 27 Apr 2016 09:41
Last Modified: 08 Sep 2016 06:49
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/2922

Actions (login required)

View Item View Item