VERAWATI JEVIA (2013) PERAN COPING STRES DALAM MENGHADAPI AKTIVITAS KULIAH MAHASISWA JURUSAN BIMBINGAN KONSELING ISLAM FAKULTAS DAKWAH DAN ILMU KOMUNIKASI UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
2013_201310BPI.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Dunia perkuliahan biasanya cukup identik dengan mahasiswa dan tugastugas kuliah. Tugas-tugas kuliah yang diberikan biasanya terdiri dari berbagai macam jenis, seperti membuat makalah, penelitian, presentasi, analisa kasus, dll. Bentuk dan cara pengerjaan tugas-tugas kuliah itu juga beragam yaitu dapat berupa tugas berkelompok atau tugas mandiri. Setiap tugas kuliah yang diberikan oleh setiap dosen memiliki tingkat kesulitan masing-masing. Seharusnya dengan semakin berkembangnya teknologi, mahasiswa dapat lebih mudah untuk mengerjakan tugas-tugas kuliahnya. Namun, pada kenyataannya, tidak sedikit mahasiswa yang pada akhirnya menyelesaikan tugas-tugas kuliahnya sampai pada menit-menit terakhir waktu pengumpulan tugas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran coping stres pada mahasiswa dalam menghadapi aktivitas kuliah. Coping stres pada mahasiswa Bimbingan Konseling Islam angkatan 2010/2011 ini dapat diartikan bagaimana individu tersebut melakukan usaha-usaha baik secara kognitif maupun perilaku untuk mengatasi, meredakan dan mentolerir tuntutan-tuntutan internal dalam menghadapi aktivitas kuliah yang muncul, tetapi ada juga permasalahan yang dimaknai sebagai tantangan, sehingga tidak semua permasalahan tersebut membuat subjek stres. Penelitian ini adalah penelitian lapangan yang sumber data primernya diperoleh langsung dari mahasiswa BKI angkatan 2010/2011, sedangkan data sekunder adalah yang bersumber dari dokumentasi Jurusan Bimbingan Konseling Islam. Sampel yang diambil sebanyak 60 orang mahasiswa dengan menggunakan teori purposive sampling (pengambilan sampel berdasarkan tujuan). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah berupa observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Setelah data yang diperlukan terkumpul, kemudian data tersebut dianalisa secara deskriptif dan presentase. Dari hasil penelitian dapatlah disimpulkan bahwa coping stres sangat berperan dalam menghadapi aktivitas kuliah mahasiswa Jurusan Bimbingan Konseling Islam FDIK UIN SUSKA dengan presentase sebanyak 87 %. Dengan demikian dapat diketahui bahwa sebagian besar dari mereka telah mempraktekkan coping stres dengan sangat baik yang merupakan implementasi dari peran coping stres tersebut, dimana sebagian besar dari mereka dapat mengatur respons emosinya dengan baik, salah satunya dengan cara mencoba berpikir positif ketika menghadapi masalah yang berkaitan dengan beratnya aktivitas kuliah yang sedang dijalani. Mereka menyadari akan fungsi dan perannya sebagai mahasiswa berkarakter cerdas, jujur, amanah, bertanggung jawab, mampu berkomunikasi dengan baik. Ini karena sebagian besar dari mereka telah merasakan manfaat dari coping stres yang dapat membantu mereka untuk menjadi seorang mahasiswa yang berpikir optimis, dapat memelihara keseimbangan emosi dengan baik dan memiliki self image yang positif.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan Penyuluhan Islam |
Depositing User: | Surya Elhadi |
Date Deposited: | 27 Apr 2016 09:41 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 07:48 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/2920 |
Actions (login required)
View Item |