Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PEMBERITAAN KASUS DUGAAN KEKERASAN TERHADAP AUDREY (BULLYING) DI KOTA PONTIANAK KALIMANTAN BARAT MEDIA ONLINE DETIK.COM EDISI 09-13 APRIL 2019

Raja Ryangga Zhaputra, - (2020) PEMBERITAAN KASUS DUGAAN KEKERASAN TERHADAP AUDREY (BULLYING) DI KOTA PONTIANAK KALIMANTAN BARAT MEDIA ONLINE DETIK.COM EDISI 09-13 APRIL 2019. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text
GABUNGAN KECUALI BAB V.pdf

Download (3MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (812kB)

Abstract

ABSTRAK Nama : Raja Ryangga Zhaputra Jurusan : Ilmu Komunikasi Judul : Pemberitaan Kasus Dugaan Kekerasan terhadap Audrey (Bullying) Di Kota Pontianak Kalimantan Barat Media Online Detik.com edisi 09-13 April 2019 Kasus Audrey menjadi sorotan karena adanya dugaan penganiayaan terhadap seorang siswi SMP yang menimbulkan banyak reaksi khalayak. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimanakah framing pemberitaan Kasus Audrey pada Media Online Detik.com?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui framing pada pemberitaan kasus Audrey pada Media Online Detik.com. Peneliti menggunakan metode analisis framing model Robert Entmant yaitu Pendefenisian Masalah (Define Problems), Sumber Masalah (Diagnose Causes), Penarikan Keputusan Moral (Make Moral Judgment), dan Penyelesaian Masalah (Treatment Recommendation). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada perangkat Define problems yang dibingkai oleh media online detik.com yaitu lebih memfokuskan penyelidikan kasus pengeroyokan terhadap siswi SMP yaitu Audrey oleh siswi SMA di Kota Pontianak. Framing yang kedua Diagnose Cause yang dibingkai media online detik.com adalah penganiayaan terhadap siswi SMP oleh siswi SMA di Pontianak yang menjadi sorotan hingga mengundang reaksi luas dan memunculkan petisi untuk korban penganiayaa yaitu “Justice For Audrey”. Pada perangkat framing yang ketiga yaitu Make Moral Judgment yang dibingkai media online detik.com adalah lebih cermat dalam melihat informasi yang beredar di media sosial karena tidak semua informasi yang beredar di media sosial itu benar. Disamping itu, pada perangkat framing keempat yaitu treatment recommendation yang dibingkai oleh media online detik.com adalah menyelesaikan kasus Audrey sebagaimana menyangkut tentang perlindungan anak yang menjadi korban atas kasus penganiayaan sebagaimana tersangka dijerat dengan Pasal 76C juncto Pasal 80 ayat 1 UU Nomor 35 Tahun 2014 tentang Perlindungan Anak. Kata Kunci : Analisis Framing, Audrey, Detik.com.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Komunikasi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 11 Aug 2020 02:17
Last Modified: 11 Aug 2020 02:18
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/29174

Actions (login required)

View Item View Item