Hafiza Rahmi, - (2020) ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA SMP NEGERI 9 MANDAU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text
HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
SKRIPSI FULL.pdf Download (6MB) |
Abstract
ABSTRAK Hafiza Rahmi, (2020): Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Sistem Persamaan Linier Dua Variabel di Tinjau dari Motivasi Belajar Siswa SMP Megeri 9 Mandau Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan kesalahan siswa berdasarkan motivasi belajar siswa pada materi soal cerita sistem persamaan linier dua variabel. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 9 orang siswa kelas VIII4 SMP Negeri 9 Mandau. Adapun instrumen yang digunakan adalah soal tes kesalahan menyelesaikan soal cerita matematika pada materi sistem persamaan linier dua variabel berupa 3 butir soal berbentuk uraian, angket motivasi belajar siswa dan wawancara. Seluruh data kemudian dianalisis melalui 3 tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Kesimpulan penelitian ini adalah kesalahan yang dilakukan siswa dengan motivasi tinggi dalam menyelesaikan soal cerita sistem persamaan linier dua variabel meliputi kesalahan transformasi (transformation error) dan kesalahan penulisan (encording error). Kesalahan yang dilakukan siswa dengan motivasi sedang dalam menyelesaikan soal cerita sistem persamaan linier dua variabel meliputi kesalahan membaca (reading error), kesalahan memahami (comprehension error), kesalahan transformasi (transformation error), dan kesalahan ketrampilan proses (process skil error). Kesalahan yang dilakukan siswa dengan motivasi rendah dalam menyelesaikan soal cerita sistem persamaan linier dua variabel meliputi, kesalahan membaca (reading error), kesalahan memahami (comprehension error), kesalahan transformasi (transformation error), kesalahan ketrampilan proses (process skil error), dan kesalahan penulisan (encording error). . Kata Kunci: Kesalahan Siswa, Motivasi Belajar, Sistem Persamaan Linier Dua Variabel, Analisis
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 10 Aug 2020 02:24 |
Last Modified: | 10 Aug 2020 02:24 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/29117 |
Actions (login required)
View Item |