Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

KARAKTERISTIK AKTSAR AL-NÂS DALAM AL-QUR’AN (Kajian Uslub Al-Qur’an)

ASSYIFA AMANAH TILLAH, - (2020) KARAKTERISTIK AKTSAR AL-NÂS DALAM AL-QUR’AN (Kajian Uslub Al-Qur’an). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
ASYIFA AMANAH TILLAH.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini membahas mengenai karakteristik aktsar al-Nâs dalam Al-Qurận. Al-Nâs merupakan kata yang dipakai Al-Qur’an untuk menyatakan adanya sekelompok orang atau masyarakat yang mempunyai berbagai kegiatan (aktivitas) untuk mengembangkan kehidupannya. Kata al-Nâs lebih bersifat umum ketika menunjukkan makna manusia bila dibandingkan dengan kata al-Insan, keumuman tersebut dapat dilihat dari penekanan makna yang dikandungnya menunjuk manusia sebagai makhluk sosial yang memiliki karakter atau sifat. Penggandengan kata al-Nâs dan Aktsar (isim tafdhil) yang sering diulang-ulang dalam Al-Qur’an yang menunjukkan karakter dan sifat manusia ketika dilihat dari padanaan setelah diksi aktsar al-Nâs tersebut. Karakter yang muncul dari diksi aktsar al-Nâs diantaranya tidak bersyukur, tidak beriman, mengingkari, dan tidak mengetahui. Dimana karakteristik aktsar al-Nâs ini di ulang-ulang dalam Al-Qur’an sebanyak 20 kali tersebar dalam 12 surah. Skripsi ini mengkaji bagaimana pandangan para mufassir mengenai konklusi dari diksi ayat-ayat aktsar al-Nâs. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research) dan metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tafsir Tahlili yang di tinjau dalam segi kajian uslub Al-Qur’an. Data-data yang terkait dengan penilitian ini disajikan dengan teknik analisis, yaitu dengan menjelaskan ayat dan surah yang berhubungan, dengan merujuk pada Al-Qur’an sebagai data primer dan buku-buku literature yang berkaitan sebagai data sekunder. Disebutkan 20 kali pengulangan diksi aktsar al-Nas di tinjau dalam kajian uslub Al-Qur’an yang terbentuk kepada aspek fonologi, retorika, leksikal, dan sintaksis. Kata kunci : karakteristik, aktsar al-Nâs, uslub Al-Qur’an.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.1 Sumber-sumber Agama Islam, Kitab Suci Agama Islam > 297.1226 Tafsir Al-Qur'an, Ilmu Tafsir
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Ilmu Alqur'an dan Tafsir
Depositing User: fushu -
Date Deposited: 10 Aug 2020 04:14
Last Modified: 10 Aug 2020 04:14
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/29114

Actions (login required)

View Item View Item