Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Penyalahgunaan Timbangan Dalam Jual Beli Kelapa Sawit Oleh Tengkulak Ditinjau Dari Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 23 Tahun 2018 Tentang Alat-Alat Ukur, Takar,Timbangan Dan Perlengkapannnya Asal Impor. ( Studi Kasus Desa Rambah Samo Barat Kecamatan Rambah Samo)

Ali Alatas, - (2020) Penyalahgunaan Timbangan Dalam Jual Beli Kelapa Sawit Oleh Tengkulak Ditinjau Dari Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 23 Tahun 2018 Tentang Alat-Alat Ukur, Takar,Timbangan Dan Perlengkapannnya Asal Impor. ( Studi Kasus Desa Rambah Samo Barat Kecamatan Rambah Samo). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (413kB)
[img] Text
GABUNGAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

i ABSTRACK Ali Alatas (2020) : Penyalahgunaan Timbangan Dalam Jual Beli Kelapa Sawit Oleh Tengkulak Ditinjau Dari Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 23 Tahun 2018 Tentang Alat-Alat Ukur, Takar,Timbangan Dan Perlengkapannnya Asal Impor. ( Studi Kasus Desa Rambah Samo Barat Kecamatan Rambah Samo) Skripsi ini membahas Penyalahgunaan Timbangan dalam Jual Beli Kelapa Sawit oleh Tengkulak ditinjau dari Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 23 Tahun 2018 tentang Alat-alat Ukur, Takar,Timbangan dan Perlengkapannnya Asal Impor.( Studi Kasus Desa Rambah Samo Barat Kecamatan Rambah Samo). Petani saat ini lebih cendrung memilih menjual hasil buah kelapa Sawit nya kepada Tengkulak dibandingkan menjual langsung ke Pabrik dikarenakan menjual kepada tengkulak lebih mudah dan mau menampung dengan hasil buah kelapa sawit yang sedikit,karena hasil kebun petani beragam, ada yang sedikit dan ada yang banyak, tanpa mengantar langsung kepabrik dengan jumlah buah sawit yang sedikit dan persyaratan yang banyak harus dipenuhi. Banyak Tengkulak melakukan penimbangan kelapa sawit dengan menggunakan Timbangan yang sudah diolah sedemikian mungkin untuk memperoleh keuntungan dari timbangan tersebut, kebanyakan petani selama ini tidak setuju dengan timbangan seperti itu. Rumusan masalah yang menjadi kajian didalam tulisan ini adalah bagaimana pelaksanaan Permendag Nomor 23 Tahun 2018 Tentang Penyalahgunaan Timbangan Kelapa Sawit dalam Jual Beli Kelapa Sawit di Desa Rambah Samo Barat Keacamatan Rambah Samo Kabupaten Rokan Hulu. Serta apa penyebab terjadi kecurangan Timabangan oleh Tengkulak dalam jual beli Kelapa Sawit di Desa Rambah Samo Barat Kecamatan Rambah Samo Barat Kecamatan Rambah Samo Kabupaten Rokan Hulu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan wawasan bagi pelaku usaha khususnya Tengkulak Kelapa Sawit agar dapat mempertanggungjawabkan terhadap kerugian yang di derita Petani Kelapa Sawit dari akibat adanya penyalahgunaan Timbangan oleh Tengkulak berdasarkan Permendag Nomor 23 Tahun 2018 Tentang Alat-alat ukur, Takar, Timbang, dan Perlengkapannya Asal Impor dan Undang- Undang Nomor 2 Tahun 1981. Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Hukum Sosiologis dan yang menjadi sampel dalam penelitian ini berjumlah 32 Orang Terdiri dari Tengkulak (toke) Kelapa Sawit 6 Orang, Petani Kelapa Sawit 25 dan 2 Pegawai Dinas perindustrian dan perdagangan. Peneltian ini menggunakan metode Purposive Sampling. Sumber Data yang digunakan pada penelitian ini adalah Observasi, Wawancara, dan studi kepustakaan. Analisis yang dilakukan adalah Analisis Deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan pelaksanaan Permendag Nomor 23 Tahun 2018 dan Undang – Undang Nomor 2 Tahun 1981 belum terlaksana secara Efektif karena kecurangan timbangan oleh Tengkulak di Desa Rambah Samo Barat masih terjadi sehingga merugikan petani Kelapa Sawit, dan juga merupakan dari kelalaian petani Kelapa Sawit yang kurang teliti, bijak dalam memperhatikan timbangan yang dimiliki oleh tengkulak (toke).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 340 Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 10 Aug 2020 02:22
Last Modified: 10 Aug 2020 02:22
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/29097

Actions (login required)

View Item View Item