Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

STRATEGI PEMASARAN PEDAGANG DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN BISNIS MENURUT EKONOMI ISLAM ( Study Pada Grosir Tas Delima Pasar Ramayanan Pekanbaru Pasca Kebakaran).

EVA ANGRAINI, - (2020) STRATEGI PEMASARAN PEDAGANG DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN BISNIS MENURUT EKONOMI ISLAM ( Study Pada Grosir Tas Delima Pasar Ramayanan Pekanbaru Pasca Kebakaran). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (676kB)
[img] Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK EVA ANGRAINI (2020 ) : “STRATEGI PEMASARAN PEDAGANG DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN BISNIS MENURUT EKONOMI ISLAM ( Study Pada Grosir Tas Delima Pasar Ramayanan Pekanbaru Pasca Kebakaran). Latar belakang penelitian bahwa dalam menjalankan sebuah usaha diperlukanya strategi dalam memasarkan barang agar bisa bersaing diantaranya yaitu dari segi : produk, harga, lokasi dan cara promosi. berdasarkan observasi salah satu grosir tas terbesar dipasar ramayanan adalah grosir tas delima, namun pasca kebakaran berlagsung usaha ini mengalami kendala sperti penjualan yang berkurang, lokasi yang sempit. fenomena dijumpai bahwa lokasi toko sudah didepan dan dekat dengan jalan.Namun, jumlah penjelualan mengalami penurunan. maka dirumuskan masalah Bagaimana pelaksanaan strategi pemasaran pedagang grosir tas Delima pasca bencana kebakaran pasar ramayanan pekanbaru dalam menghadapi persaingan, apa saja faktor penghambat pemasaran pedagang grosir tas Delima pasca bencana kebakaran pasar ramayanan pekanbaru dalam membangun kembali usaha, dan Bagaimana tinjauan ekonomi islam tentang strategi pemasaran pedagang grosir tas Delima pasca bencana kebakaran pasar ramayanan pekanbaru dalam menghadapi persaingan. Populasi dalam penelitian ini adalah pemilik dan karyawan sebanyak 27 orang diambil 4 orang dengan metode purposive samping. dan pembeli yang tidak diketahui jumlahnya setiap hari maka diambil kuota sebanyak 55 orang dalam kurun waktu 1 bulan dengan metode acidental sampling. teknik pengumpulan data observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. kemudian dianalisa mengunakan analisa deskriptif kualitatif. Hasil penelitian Strategi Pemasaran Pedagang grosir tas Delima pasca bencana kebakaran pasar ramayanan pekanbaru dalam menghadapi persaingan diantaranya terdiri dari startegi produk, harga, promosi dan lokasi diantaranya yaitu untuk mengantisipasi gudang yang terbatas pihak grosir mengambil langkah yaitu menjual barang dengan stock diluar toko ramayana menjual secara online. dan dari penyebaran angket didapat hasil bahwa produk yang dijual lengkap dengan tanggapan ia sebanyak 52 orang atau 94,5%, dan promosi melalui pemesanan online sebanyak 50 orang atau 98,9%, harga yang lebih mrah dibanding grosir lain sebanyak 52 orang atau 94,5%. Namun lokasi masih kurang seperti tatanan barang tidak rapi sebanyak 32 orang atau 58,1%. faktor penghambat pada strategi pemasaran pedagang grosir tas Delima pasca bencana kebakaran pasar ramayanan pekanbaru: lokasi yang sempit , jarak ruko yang jauh sempit, jarak pesaing yang berdekatan, dan parkir yang sempit. Tinjaun Ekonomi islam tentang strategi pemasaran pedagang grosir tas Delima pasca bencana kebakaran pasar ramayanan pekanbaru dalam menghadapi persaingan: dari segi produk, harga, promosi sudah sesuai dengan ekonomi islam, namun untuk lokasi dan tatanan barang perlu diperhatikan seperti anjuran kebersihan karena masih banyak barang yang berantakan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 12 Aug 2020 03:10
Last Modified: 12 Aug 2020 03:11
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/29091

Actions (login required)

View Item View Item